Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Desktop, Fitur-fitur, dan Fungsinya di Windows

Kompas.com - 11/02/2023, 12:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Saat mengaktifkan PC atau laptop pertama kali pengguna pasti akan melalui beberapa tahap. Mulai dari menekan tombol power, menunggu sistem operasi yang bekerja, selanjutnya akan disuguhkan beragam menu utama yang terpampang pada layar.

Menu-menu dan aplikasi yang tersedia itu biasanya berjejer rapi di layar utama desktop. Pengguna akan mulai menggunakannya dengan mengklik salah satu aplikasi yang berjejer di desktop.

Tak hanya mengakses beragam aplikasi yang dibutuhkan. Di desktop juga pengguna biasa mengganti beragam wallpaper sesuai kehendaknya, mengatur display layar, dan lain sebagainya. 

Menjadi pintu masuk pengguna mengakses beragam aplikasi, lantas apa yang dimaksud dengan desktop? Apa saja fitur-fiturnya? Selengkapnya berikut ini pengertian desktop, fitur, dan fungsinya.

Baca juga: Pengertian Sistem Komputer dan Komponennya

Pengertian desktop

Dilansir dari Tech Target, desktop merupakan area tampilan komputer yang terletak pada halaman utama. Area desktop biasanya akan menampilkan beberapa objek atau aplikasi tertentu. Seperti folder, file, dan beragam aplikasi lainnya.

Desktop juga sering menjadi tempat untuk menyimpan dan mengakses beberapa file atau item tertentu yang sering digunakan. Sehingga apabila Anda akan menggunakannya akan lebih mudah diakses daripada harus menelusurinya terlebih dahulu di fitur pencarian Windows.

Desktop termasuk komponen Graphical User Interface (GUI) atau biasa disebut dengan antarmuka pengguna grafis. Hal tersebut karena saat akan menggunakan software tertentu pengguna hanya perlu mengklik ikon grafisnya. 

Anda hanya perlu mengarahkan intruksinya pada ikon atau menu aplikasi yang dipilih menggunakan mouse untuk menjalankan fungsinya. Contoh saja Anda ingin mengoperasikan Microsoft Word. Maka cukup klik ikon Word yang terpampang pada desktop.

Fitur-fitur desktop dan fungsinya

ilustrasi desktop windowsKompas.com/soffyaranti ilustrasi desktop windows
Dalam desktop terdapat fitur-fitur yang bisa ditemui oleh pengguna. Berikut ini beberapa fitur dan fungsinya.

Wallpaper

Wallpaper merupakan bagian utama dan depan tampilan pada desktop. Di sini pengguna dapat mengubah tampilan wallpaper sesuai yang diinginkan.

Adapun cara mengubah wallpaper pada desktop Windows dapat dilakukan dengan klik kanan dan pilih “Personalize”. Selanjutnya ubah wallpaper menggunakan gambar default atau sesuai keinginan Anda.

Widget

Widget dalam desktop menyediakan berbagai cara mudah pengguna mengakses fungsi tertentu. Dalam desktop Windows umumnya widget akan menampilkan kalender, jam,  preview aplikasi, dan lain sebagainya.

Taskbar

Taskbar dalam desktop berfungsi untuk mengakses program dengan cepat. Dalam taskbar biasanya akan terpampang beragam aplikasi.

Baca juga: Pengertian dan Kegunaan ScanDisk pada Komputer

Tombol Windows

Tombol dengan ikon Windows terletak pada bagian pojok atas atau bawah desktop. Fungsi tombol Windows adalah memuat beragam menu utama Windows, seperti menu pengaturan, power, pictures, dan lain sebagainya. 

Aplikasi, folder, dan file

Desktop memuat beragam aplikasi, file, dan folder yang biasa diakses pengguna. Aplikasi yang terpampang di desktop akan memudahkan pengguna mengakses fungsi dari beragam aplikasi tersebut. Salah satunya aplikasi peramban, seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, dan lainnya.

Kendati demikian tak semua pengguna memajang beragam aplikasinya di desktop. Beberapa justru meletakkannya di bagian taskbar maupun tidak sama sekali. Sehingga apabila ingin menggunakan salah satu aplikasinya maka pengguna harus mencarinya di menu utama Windows. 

Maka dari itu terlepas dari fungsi utamanya, desktop dapat disesuaikan kembali dengan preferensi masing-masing pengguna. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com