Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Desktop, Fitur-fitur, dan Fungsinya di Windows

Kompas.com - 11/02/2023, 12:15 WIB
Penulis Soffya Ranti
|

KOMPAS.com - Saat mengaktifkan PC atau laptop pertama kali pengguna pasti akan melalui beberapa tahap. Mulai dari menekan tombol power, menunggu sistem operasi yang bekerja, selanjutnya akan disuguhkan beragam menu utama yang terpampang pada layar.

Menu-menu dan aplikasi yang tersedia itu biasanya berjejer rapi di layar utama desktop. Pengguna akan mulai menggunakannya dengan mengklik salah satu aplikasi yang berjejer di desktop.

Tak hanya mengakses beragam aplikasi yang dibutuhkan. Di desktop juga pengguna biasa mengganti beragam wallpaper sesuai kehendaknya, mengatur display layar, dan lain sebagainya. 

Menjadi pintu masuk pengguna mengakses beragam aplikasi, lantas apa yang dimaksud dengan desktop? Apa saja fitur-fiturnya? Selengkapnya berikut ini pengertian desktop, fitur, dan fungsinya.

Baca juga: Pengertian Sistem Komputer dan Komponennya

Pengertian desktop

Dilansir dari Tech Target, desktop merupakan area tampilan komputer yang terletak pada halaman utama. Area desktop biasanya akan menampilkan beberapa objek atau aplikasi tertentu. Seperti folder, file, dan beragam aplikasi lainnya.

Desktop juga sering menjadi tempat untuk menyimpan dan mengakses beberapa file atau item tertentu yang sering digunakan. Sehingga apabila Anda akan menggunakannya akan lebih mudah diakses daripada harus menelusurinya terlebih dahulu di fitur pencarian Windows.

Desktop termasuk komponen Graphical User Interface (GUI) atau biasa disebut dengan antarmuka pengguna grafis. Hal tersebut karena saat akan menggunakan software tertentu pengguna hanya perlu mengklik ikon grafisnya. 

Anda hanya perlu mengarahkan intruksinya pada ikon atau menu aplikasi yang dipilih menggunakan mouse untuk menjalankan fungsinya. Contoh saja Anda ingin mengoperasikan Microsoft Word. Maka cukup klik ikon Word yang terpampang pada desktop.

Fitur-fitur desktop dan fungsinya

ilustrasi desktop windowsKompas.com/soffyaranti ilustrasi desktop windows
Dalam desktop terdapat fitur-fitur yang bisa ditemui oleh pengguna. Berikut ini beberapa fitur dan fungsinya.

Wallpaper

Wallpaper merupakan bagian utama dan depan tampilan pada desktop. Di sini pengguna dapat mengubah tampilan wallpaper sesuai yang diinginkan.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com