Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Kecerdasan Buatan dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari

Kompas.com - 12/02/2023, 10:02 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Kecerdasan buatan atau bisa disebut dengan Artificial Intelligence (AI) menjadi perbincangan yang tak ada habisnya. Perkembangan teknologi satu ini terus memberikan inovasi baru dalam kehidupan sehari-hari.

Bahkan diprediksi sistem kecerdasan buatan ini akan menjadi salah satu pengganti sebagian alat yang lebih efisien, praktis, dan mudah. Contoh saja salah satu topik yang sedang ramai diperbincangkan yaitu ChatGPT.

Tools chatbot berbasis kecerdasan buatan (AI) dari OpenAI tersebut dapat menjawab beragam pertanyaan dengan luwes dan mampu memahami konteks pertanyaan pengguna.

ChatGPT menjadi salah satu rekayasa kecerdasan buatan yang menjadi inovasi terbaru saat ini. Lantas apa sebenarnya teknologi kecerdasan buatan/Artificial Intelligence?

Baca juga: Tren Artificial Intelligence di Indonesia 2023 Beserta Isu Etika

Mengenal apa itu kecerdasan buatan

Dilansir dari Tech Target, kecerdasan buatan/Artificial Intelligence (AI) adalah rekayasa teknologi yang mempelajari dan membangun sistem komputer melakukan tindakan layaknya manusia.

Hal ini meliputi pembelajaran, pemikiran, pengambilan keputusan, hingga interaksi manusia. Aplikasi AI umumnya akan mencakup sistem pakar, pemrosesan bahasa alami, pengenalan suara, dan visi mesin.

Secara umum sistem kerja kecerdasan buatan adalah dengan menyerap data dalam jumlah besar, menganalisis data untuk korelasi dan pola, selanjutnya menggunakan pola itu untuk membuat prediksi tentang kondisi pada masa mendatang.

Pemograman AI berfokus pada tiga keterampilan kognitif utama yaitu pembelajaran mesin (Machine Learning), pemrosesan bahasa alami (Natural Language Processing), dan pemahaman gambar/citra (Computer Vision).

Machine Learning

Aspek pemograman Artificial Intelligence ini berfokus pada perolehan data. Pada aspek ini AI akan membuat cara mengubah data menjadi informasi yang dapat ditindaklanjuti. Proses ini bisa disebut dengan algoritme. Sistem juga akan belajar dari data membuat prediksi atau keputusan.

Natural Language Processing (NLP)

Aspek pemrograman AI ini berfokus pada pemilihan algoritme yang tepat untuk mencapai hasil yang diinginkan. Sistem akan mempelajari bagaimana komputer dan manusia dapat berinteraksi menggunakan bahasa manusia.

NLP akan melibatkan beberapa hal, seperti penafsiran, pemahaman teks, hingga makna, dan lainnya.

Computer Vision

Dalam aspek kecerdasan buatan satu ini sistem komputer akan mencoba mempelajari dan memahami informasi visual yang dilakukan manusia. Contoh saja memproses pengenalan wajah, pola, hingga deteksi objek.

Dua kategori kecerdasan buatan

cara mengubah bahasa google assistantPCmag cara mengubah bahasa google assistant

Dalam AI terdapat dua tipe yaitu Strong AI dan Weak AI. Apa itu?

Strong AI

Jenis ini biasa juga disebut dengan Artificial General Intelligence (AGI). Strong AI menggambarkan pemrograman yang dapat meniru kemampuan kognitif otak manusia.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com