Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menandai Pesan Baru menjadi Sudah Dibaca di Gmail

Kompas.com - 12/02/2023, 16:00 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - E-mail yang aktif digunakan untuk urusan pekerjaan umumnya menerima banyak kiriman e-mail. Terkadang, kiriman pesan yang penting justru malah tertumpuk dengan kiriman e-mail lain yang tidak terlalu penting.

Hal ini tentunya cukup merepotkan bagi sebagian orang. Dikarenakan harus mengecek satu per satu mana saja pesan penting yang "tenggalam". Di laman Gmail versi desktop, pesan yang belum terbaca akan berwarna putih dengan nama pengirim dan judul e-mail yang ditebalkan.

Sedangkan, untuk e-mail yang sudah dibaca atau dibuka, warna pesannya lebih tua, seperti warna abu-abu. Lalu, nama pengirim serta judul e-mail juga sudah tidak ditebalkan lagi.

Baca juga: 3 Cara Bikin E-mail Gmail Tanpa Nomor HP

Berbeda dengan versi desktop, aplikasi Gmail di smartphone membedakan pesan yang sudah dibaca dengan menebalkan tulisan nama pengirim dan judul e-mail saja.

Terlepas dari perbedaan yang ada, penebalan tulisan dan perbedaan warna yang dilakukan untuk membantu pengguna membedakan mana pesan yang sudah dibaca dan yang belum.

Maka dari itu, Anda bisa menandai pesan yang tidak penting atau pesan lama menjadi pesan yang sudah dibaca, sehingga saat ada pesan masuk yang baru, Anda bisa dengan mudah mengetahuinya.

Upaya merapikan kotak masuk (inbox) di atas juga cukup mudah dilakukan. Sebab, layanan Gmail memungkinkan setiap penggunanya untuk menghapus atau menandai sejumlah pesan sekaligus. Jadi, Anda tidak perlu repot menandai satu-satu pesan di dalam kotak masuk.

Penasaran bagaimana caranya? Simak langkah-langkahnya berikut ini.

Cara menandai e-mail Gmail jadi pesan yang sudah dibaca

Gmail desktop

Cara menandai pesan baru menjadi pesan yang sudah dibaca di Gmail (Kompas.com/Caroline Saskia Tanoto)Kompas.com Cara menandai pesan baru menjadi pesan yang sudah dibaca di Gmail (Kompas.com/Caroline Saskia Tanoto)

  • Buka Gmail Anda di mail.google.com. Sebelumnya, pastikan bahwa Anda sudah memiliki akun Gmail dan telah login e-mail di komputer/PC/laptop.
  • Di kolom sebelah kanan, klik “Inbox”
  • Halaman tersebut akan menampilkan seluruh pesan yang masuk paling baru
  • Di atas tulisan “Primary”, ada ikon checkbox yang disertai tanda panah ke bawah
  • Klik ikon checkbox tersebut
  • Kemudian, sistem akan langsung menandai seluruh pesan di inbox Anda
  • Klik tanda panah bawah di samping ikon checkbox, ganti ke “Unread”. Agar sistem hanya menandai pesan yang belum dibaca saja.

Cara menandai pesan baru menjadi pesan yang sudah dibaca di Gmail (Kompas.com/Caroline Saskia Tanoto)Kompas.com Cara menandai pesan baru menjadi pesan yang sudah dibaca di Gmail (Kompas.com/Caroline Saskia Tanoto)

  • Kemudian, arahkan kursor Anda ke salah satu pesan di inbox, lalu klik kanan pada mouse, pilih “Mark as read”
  • Setelah itu, seluruh pesan yang belum terbaca akan ditandai sebagai pesan yang sudah dibaca.

Namun, apabila Anda hanya ingin menandai beberapa pesan saja secara spesifik, Anda bisa mengeklik ikon checkbox di masing-masing pesan yang masuk sesuai keinginan.

Setelah sudah menyortir pesan yang ingin ditandai, klik kanan di salah satu pesan yang disortir, pilih “Mark as read”.

Baca juga: Gmail Tidak Bisa Dibuka, Begini Cara Mengatasinya

Sementara itu, apabila ingin menghapus seluruh inbox, lakukan langkah yang sama di atas, tetapi pilih ikon tong sampah. Seluruh pesan yang ditandai akan otomatis terhapus dan pindah ke laman “Trash”.

Versi Gmail mobile

Cara menandai pesan baru menjadi pesan yang sudah dibaca di aplikasi Gmail. Gambar sebelah kanan menunjukkan bahwa pesan sudah ditandai sebagai pesan yang dibaca (Kompas.com/Caroline Saskia Tanoto)Kompas.com Cara menandai pesan baru menjadi pesan yang sudah dibaca di aplikasi Gmail. Gambar sebelah kanan menunjukkan bahwa pesan sudah ditandai sebagai pesan yang dibaca (Kompas.com/Caroline Saskia Tanoto)

  • Apabila Anda belum memiliki aplikasi Gmail di ponsel, bisa download (unduh) terlebih dahulu di toko aplikasi resmi PlayStore (Android) atau Apple App Store (iOS).
  • Jika sudah selesai melakukan proses download, buka aplikasi Gmail
  • Berbeda dengan versi desktop, Anda tidak bisa langsung menandai seluruh e-mail yang masuk. Aplikasi tersebut hanya memungkinkan Anda memilih manual, secara spesifik, pesan mana saja yang ingin ditandai
  • Caranya dengan ketuk dan tahan (tap and hold) pesan yang ingin ditandai.
  • Lalu, jika ingin memilih pesan lain, Anda bisa klik logo profil pengirim pesan
  • Usai menyortirnya, klik ikon surat yang sudah terbuka di bagian kanan atas
  • Setelah diklik, sistem akan memberikan notifikasi bahwa pesan tersebut sudah ditandai sebagai pesan yang sudah dibaca

Sebaliknya, jika ingin menghapus sejumlah pesan, lakukan hal yang sama di atas, tetapi klik ikon tong sampah di sebelah ikon surat terbuka. Pesan akan otomatis langsung terhapus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com