Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memotret "City Light" Singapura dan Bulan Pakai Samsung S23 Ultra, Hasilnya Tajam dan Terang

Kompas.com - 12/02/2023, 19:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebagai model smartphone paling atas dari Samsung, Galaxy S23 Ultra telah dibekali spesifikasi fotografi yang paling mumpuni.

Misalnya, ada kamera utama 200 MP yang ditemani dengan tiga kamera lain, yaitu kamera ultrawide 12 MP (f/2.2), kamera telefoto 10 MP (f/2.4, 3x optical zoom), kamera telefoto 10 MP (f/2.4, 10x optical zoom).

Dalam artikel galeri foto sebelumnya, kita sudah melihat kebolehan kamera 200 MP untuk memotret kota Singapura di siang hari atau dalam kondisi cahaya cukup.

Secara umum, hasil kamera 200 MP Samsung Galaxy S23 Ultra detail dan tajam. Rangkaian hasil foto Galaxy S23 Ultra di siang hari bisa dilihat lewat galeri foto berikut ini:

Tak afdol rasanya bila tak menjajal kamera Samsung Galaxy S23 Ultra saat malam hari atau kondisi minim cahaya (low light).

Jurnalis KompasTekno Galuh Putri Riyanto tak melewatkan kesempatan untuk mencoba kebolehan kamera Galaxy S23 Ultra untuk memotret di kondisi low light, pada awal Februari lalu, setelah mengikuti rangkaian acara Galaxy Unpacked di Singapura.

Baca juga: Resmi, Ini Harga Samsung Galaxy S23, S23 Plus, dan S23 Ultra di Indonesia

KompasTekno berkesempatan mengunjungi Helix Bridge dan memotret indahnya pemandangan city light Singapura di malam hari dengan Galaxy S23 Ultra. Ternyata, hasil jepretan Galaxy S23 Ultra saat malam hari pun tak kalah bagus dengan hasil foto di siang hari.

Misalnya, dalam gambar di bawah, gedung Marina Bay Sands, Art Science Museum, dan city light Singapura di malam hari dapat ditangkap dengan tajam dan detail. Kamera 200 MP Galaxy S23 Ultra juga mampu menangkap dan menghasilkan gambar-gambar dengan warna yang vibrant alias hidup, seperti warna aslinya.

City light kota Singapura saat malam hari dalam bidikan kamera 200 MP Galaxy S23 Ultra. Hasil fotonya terlohat bagus, tajam, dan detail.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto City light kota Singapura saat malam hari dalam bidikan kamera 200 MP Galaxy S23 Ultra. Hasil fotonya terlohat bagus, tajam, dan detail.
Samsung Galaxy S23 Ultra memiliki berbagai mode pemotretan untuk disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Misalnya, ada mode Nightography untuk pemotretan yang lebih baik di kondisi low light. Ada pula mode resolusi penuh 50 MP dan 200 MP.

Baca juga: Samsung Galaxy S23 Ultra Punya Fitur Astrography untuk Foto Bintang

Sebenarnya, dengan mode normal, kamera 200 MP Galaxy S23 Ultra sudah menghasilkan gambar yang terang, detail, dan tajam. Namun, dengan mode 50 MP dan 200 MP, kami mendapatkan gambar dengan hasil yang lebih tajam dengan resolusi yang lebih tinggi.

Hal ini membuat kami lebih leluasa ketika ingin memotong (crop) gambar, karena kualitas gambar akan tetap tajam.

Penggunaan kamera telefoto 10 MP dengan zoom optis 3x dan 10x juga menghasilkan foto-foto yang tajam. Bahkan, dengan perbesaran digital 30x, kami bisa memotret bulan dengan kamera Galaxy S23 Ultra, seperti gambar di bawah.

Hasil bidikan bulan tanggal 3 Februari 2023 menggunakan kamera telefoto 10 MP dengan zoom digital 30x pada Samsung Galaxy S23 Ultra.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Hasil bidikan bulan tanggal 3 Februari 2023 menggunakan kamera telefoto 10 MP dengan zoom digital 30x pada Samsung Galaxy S23 Ultra.
Sepengalaman KompasTekno, menggunakan kamera Galaxy S23 Ultra untuk memotret di kondisi low light terasa begitu mudah. Kami hanya perlu mengarahkan kamera ke obyek, dan menekam tombol shutter.

Hal itu dikarenakan kamera 200 MP Galaxy S23 Ultra sudah menggunakan Isocell HP2. Sensor kamera tersebut dibekali pemfokusan otomatis mumpuni dengan teknologi Super QPD. Teknologi ini disebut menggunakan 200 juta piksel untuk pemfokusan otomatis yang lebih cepat dan lebih akurat.

Dengan kata lain, begitu aplikasi kamera dibuka, Galaxy S23 Ultra akan lebih cepat mengunci fokus pada objek yang muncul di layar.

Baca juga: 4 Fitur Serba Pertama di Samsung Galaxy S23 Ultra

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com