Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inikah Wujud Controller Game Pertama Nokia?

Kompas.com - 13/02/2023, 13:00 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selain handphone (HP), aksesori audio, dan beberapa barang elektronik lainnya, Nokia juga dikabarkan bakal membuat sebuah produk berjenis alat pengendali (controller) game untuk pertama kalinya. 

Rumor ini sudah menyeruak selama beberapa bulan belakangan. Kini, bocoran wujud controller tersebut, beserta kotak penjualannya, tampaknya sudah beredar di internet. 

Aneka gambar controller yang konon bernama "Nokia Game Controller 5000GC" ini tersebar di dunia maya karena pemegang lisensi controller tersebut, yaitu StreamView, kabarnya "tak sengaja" telah memasang produk ini di situs web mereka. 

Nah, berdasarkan gambar-gambar tersebut, desain controller buatan Nokia ini tampak serupa dengan tampilan controller game lainnya yang beredar di pasar. 

Baca juga: Nokia C12 Meluncur, Ponsel Android Go Harga Rp 1 Jutaan

Secara tampilan, Nokia Game Controller 5000GC dibalut dengan hiasan warna hitam pekat dan tampak memiliki beberapa tombol konvensional yang ada di berbagai controller game masa kini. 

Beberapa di antaranya seperti tombol multidirectional pad, tombol fungsi "ABXY", dan dua buah stik analog. 

Ilustrasi kemampuan Nokia Game Controller 5000GC.NokiaPowerUser Ilustrasi kemampuan Nokia Game Controller 5000GC.

Ada pula beberapa tombol penunjang lainnya seperti tombol "More", "Recents", "Back", "Home", "Menu", dan "Google Assistant".

Karena punya tombol Google Assistant, Nokia Game Controller 5000GC bisa dipakai untuk menerima input suara kepada asisten digital Google tersebut, tentunya untuk menjalankan beberapa hal di perangkat yang terhubung dengan controller ini.

Terkait konektivitas, perangkat ini disinyalir telah mendukung fitur Bluetooth dan bisa dihubungkan dengan berbagai perangkat "pintar" seperti Android TV, Android Streaming Devices seperti Chromecast, hingga ponsel Android. 

Fitr pendukung lainnya konon mencakup tingkat ketahanan baterai yang diklaim mencapai 14 jam dalam sekali pengisian, hingga dukungan teknologi pengisian yang bisa mengisi daya perangkat dalam waktu 1 jam.

Baca juga: Nokia Tunjuk Ozgur Erzincan untuk Pimpin Bisnis Network di Indonesia


Ada pula fitur getaran (vibration feedback) yang kabarnya bisa memberikan pengalaman game yang lebih terasa, serta teknologi six-axis gyroscope untuk menghasilkan efek pergererakan stik analog yang lebih intuitif.

Untuk ketersediaan, baik Nokia dan StreamView, belum mengumbar secara resmi kapan Nokia Game Controller 5000GC bisa dipakai oleh khalayak. Mereka juga belum menguak di pasar atau kawasan mana saja controller ini bakal dijual.

Namun, laman penjualan StreamView yang memuat controller game tersebut sempat menguak bahwa perangkat ini dibanderol dengan harga 52,90 euro (sekitar Rp 858.000), sebagaimana dirangkum KompasTekno dari NokiaPowerUser, Senin (13/2/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com