Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Bikin Foto Profil Telegram Bergerak Pakai Emoji dan Stiker

Kompas.com - 13/02/2023, 17:08 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Telegram merilis sejumlah fitur baru pekan ini. Salah satunya adalah foto profil yang lebih dinamis dan bisa bergerak.

Informasi ini diumumkan langsung oleh Telegram di laman resminya, Telegram.org. Fitur ini diberi nama “Profile Picture Maker”.

Seperti namanya, pengguna dapat bebas menciptakan foto profil sesuai dengan keinginan. Karakter foto profil yang dipilih bisa melalui stiker ataupun emoji juga disertai warna background berwarna-warni.

"Anda dapat menggunakan stiker ataupun emoji animasi apapun untuk dijadikan foto profil akun Anda. Semua orang dapat menggunakan animasi stiker dan emoji, bahkan jika pengguna tidak berlangganan Telegram Premium," tulis Telegram.

Baca juga: Telegram Premium Bisa Terjemahkan Isi Chat Langsung

Jika membaca pernyataan tersebut, fitur terbaru ini juga bisa dinikmati oleh pengguna gratis, tidak hanya Telegram Premium.

Bagi yang belum familier, Telegram Premium menawarkan sejumlah fitur eksklusif yang merupakan peningkatan dari fitur versi reguler. Harga langganannya dibanderol Rp 449.000 per tahun atau Rp 59.000 per bulannya.

Pantauan KompasTekno, fitur ini sudah hadir di Indonesia. Foto profil baru akan bergerak ketika pemilik akun atau pengguna lain membuka foto profil di Telegram.

Penasaran bagaimana caranya? Simak langkah-langkahnya berikut ini.

Cara bikin foto profil Telegram pakai stiker dan emoji

Sebelum melakukan pengaturan foto profil di Telegram, pengguna harus terlebih dulu melakukan update (pembaruan) aplikasi ke Telegram versi 9.4 di toko aplikasi resmi Google Playstore atau Apple App Store.

Cara membuat foto profil dari stiker atau emoji di Telegram (Kompas.com/Caroline Saskia Tanoto)Kompas.com Cara membuat foto profil dari stiker atau emoji di Telegram (Kompas.com/Caroline Saskia Tanoto)

  • Buka aplikasi Telegram
  • Klik ikon garis titik tiga
  • Klik "Settings"
  • Pilih "Set Profile Photo"
  • Akan muncul jendela baru yang berisikan foto-foto di galeri Anda. Tepat di sebelah logo kamera, ada kolom bertuliskan “Use an emoji”
  • Pilih “Use an emoji”

Baca juga: Buat Akun Telegram Kini Bisa Tanpa Nomor HP SIM Card

Cara memilih emoji atau stiker yang ingin dijadikan foto profil di Telegram (Kompas.com/Caroline Saskia Tanoto)Kompas.com Cara memilih emoji atau stiker yang ingin dijadikan foto profil di Telegram (Kompas.com/Caroline Saskia Tanoto)

  • Di laman tersebut, ada beragam emoji yang bisa Anda gunakan untuk dijadikan profil
  • Ketika salah satu emoji dipilih, emoji tersebut akan muncul di foto profil dan melakukan sejumlah gerakan kecil. Mulai dari tertawa, tersenyum, menangis, marah, dan sebagainya.
  • Sebaliknya, jika ingin menggunakan stiker sebagai foto profil, Anda bisa klik ikon senyum di samping ikon jam pada bagian atas. Di sana, Anda bisa memilih sejumlah stiker yang ingin diinginkan
  • Setelah memilih stiker/emoji, Anda juga bisa mengubah warna background dengan cara klik ikon tambah di bawah foto profil
  • Pilih gradasi warna sesuai dengan kreasimu. Cara bisa dengfan menggeser ikon lingkaran ke warna yang diinginkan.
  • Jika sudah, klik “Set a color”
  • Klik “Set Photo” bisa sudah selesai melakukan pengaturan
  • Kini, foto profil Anda sudah berubah dan diganti menjadi foto animasi dari stiker/emoji yang dipilih.

Selamat mencoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com