Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga iPhone 11 Kini Cuma Rp 7 Jutaan, Apakah Masih Layak Dibeli?

Kompas.com - 14/02/2023, 12:30 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Sudah menjadi rahasia umum bila iPhone seri terbaru keluar maka harga iPhone lawas bakal turun secara bertahap. Penurunan harga ini pun bisa dilihat pada iPhone 11 versi “biasa”. Harga iPhone 11 saat ini cuma Rp 7 jutaan.

Dalam situs salah satu distributor resmi iPhone di Indonesia, Digimap, harga iPhone 11 untuk varian memori internal 64 GB sekarang berada di angka Rp 6.999.000. Sedangkan harga iPhone 11 128 GB, dipatok mulai Rp 8.999.000.

Baca juga: Harga iPhone 14 di Indonesia Terbaru Februari 2023, Turun hingga Rp 1 Juta

Harga iPhone 11 itu semua untuk kondisi baru dalam boks yang masih tersegel. Harga iPhone 11 tersebut jauh lebih murah dibanding harga iPhone versi “biasa” yang lebih baru, seperti iPhone 12, iPhone 13, dan iPhone 14.

Untuk diketahui, harga ketiga model iPhone tersebut saat ini masih berada di Rp 10 jutaan lebih. Tak bisa dipungkiri, harga iPhone 11 bisa jauh lebih murah lantaran usia ponsel yang tak lagi muda (rilisan 2019) dan Apple sendiri mulai tahun lalu tak lagi memproduksinya.

Dengan harga cuma Rp 7 jutaan, lantas apakah iPhone 11 masih layak dibeli saat ini? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah beberapa kondisi iPhone 11 saat ini yang bisa dipakai buat jadi pertimbangan sebelum membeli.

1. Desain yang tak terlalu “jadul”

Dibanding seri iPhone X dan iPhone Xs, desain iPhone 11 bisa dibilang masih terlihat cukup segar atau tidak terlalu “jadul”. Pasalnya, desain punggung iPhone 11 mirip dengan seri iPhone yang lebih baru, seperti iPhone 12, iPhone 13, dan iPhone 14.

Di bagian punggung, kamera iPhone 11 disusun dalam modul atau wadah persegi. Dua kamera dalam modul persegi itu tersusun secara terpisah yang masing-masing dibalut dengan bingkai lingkaran atau biasa disebut sebagai “boba”.

Desain punggung iPhone 11 semacam itu dapat dikatakan sangat mirip dengan iPhone 12. Desain tersebut bakal sedikit berbeda bila dibandingkan dengan iPhone 13 dan iPhone 14 yang dua kamera belakangnya tersusun secara menyilang.

Baca juga: Berapa mAh Baterai iPhone 11? Ini Penjelasannya

2. Spesifikasi yang masih mumpuni

Spesifikasi iPhone 11 juga bisa dibilang masih cukup mumpuni di 2023. Untuk urusan hardware, iPhone 11 menggunakan chip A13 Bionic, yang mana itu dipakai pula pada iPad generasi 9 keluaran 2021.

Dengan chip tersebut, berselancar di media sosial tidak menjadi persoalan. Jika dilihat di App Store, iPhone 11 pun masih masuk dalam kategori direkomendasikan untuk menjalankan game-game, seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, dan Genshin Impact.

Sektor kamera iPhone 11 bisa dikatakan belum tertinggal jauh dengan generasi model “reguler” yang lebih baru. Kamera utama beresolusi 12 MP dari iPhone 11 dibekali dengan berbagai fitur, termasuk mode malam, Deep Fusion, dan Smart HDR.

Kamera tersebut juga dapat digunakan untuk merekam video 4K pada kecepatan hingga 60 fps (frame per second). Untuk sektor daya, dalam kondisi optimal, baterai iPhone 11 mampu dipakai buat menonton video selama 17 jam dari penuh hingga kosong.

3. Mendukung sistem operasi versi terbaru

Selain spesifikasi yang masih mumpuni, usia pakai iPhone 11 terbilang masih cukup panjang pula. iPhone 11 saat ini masih terus mendapat dukungan sistem operasi terbaru Apple, yaitu generasi iOS 16.

Bila dilihat dari kebiasaan Apple yang memberikan pembaruan sistem operasi selama enam tahun pada satu seri iPhone, artinya iPhone 11 kemungkinan besar masih memperoleh dukungan versi iOS terbaru selama dua tahun ke depan.

Itulah ketiga poin kondisi iPhone 11 saat ini. Dari ketiga poin di atas, bila dilihat dari segi desain, spesifikasi, dan dukungan sistem operasi, dapat disimpulkan iPhone 11 masih layak buat dibeli dan dipakai di tahun ini.

Namun, mungkin yang bisa jadi bahan pertimbangan tambahan di samping ketiga poin di atas adalah dukungan atas jaringan seluler 5G. iPhone 11 series belum mendapat dukungan untuk mengakses jaringan 5G.

Baca juga: 3 Fitur Kamera iPhone yang Sering Dilupakan tapi Menarik buat Dicoba

Apple mulai membekali iPhone dengan koneksi 5G pada seri iPhone 12. Dengan demikian, bila yang dibutuhkan adalah ponsel dengan dukungan akses jaringan 5G maka iPhone 11 tidak akan cocok buat dibeli dan dipakai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com