Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ChatGPT Plus Resmi di Indonesia, Biaya, Cara Berlangganan, serta Fitur yang Didapat

Kompas.com - 14/02/2023, 13:30 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

KOMPAS.com - Chatbot berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), ChatGPT resmi meluncurkan layanan berbayarnya bernama ChatGPT Plus secara global 1 Februari lalu. Tak butuh waktu lama, ChatGPT Plus resmi meluncur di Indonesia.

Saat mengakses laman ChatGPT di URL chat.openai.com, akan muncul pop-up banner (spanduk) yang menyebut bahwa ChatGPT resmi hadir di Tanah Air 10 Februari lalu.

Karena berbayar, ChatGPT Plus memiliki sejumlah fitur-fitur khusus yang tidak tersedia di versi gratis. Tertarik mencoba? Berikut biaya dan cara berlangganan, serta fitur-fitur ChatGPT Plus di Indonesia.

Baca juga: ChatGPT Plus Hadir di Indonesia, Langganan Rp 300.000-an Per Bulan

Biaya berlangganan ChatGPT Plus di Indonesia

Biaya berlangganan ChatGPT Plus di Indonesia dibanderol sama seperti di Amerika Serikat, yakni sebesar 20 dollar AS atau sekitar Rp 303.500 (1 dollar AS = Rp 15.175) per bulan.

Harga ini lebih murah dibanding saat masa uji coba. Saat layanan ChatGPT berbayar masih dalam tahap uji coba menggunakan nama ChatGPT Pro, harga langganannya 42 dollar AS (setara Rp 630.000).

OpenAI, selaku pengembang ChatGPT tidak menjelaskan apa alasan mereka membanderol harga langganan ChatGPT Plus lebih murah setelah resmi diluncurkan.

Untuk saat ini, metode pembayaran ChatGPT Plus di Indonesia hanya bisa menggunakan kartu kredit yang biasa digunakan untuk melakukan transaksi lintas negara. Belum ada opsi metode pembayaran lain yang tersedia.

Lantas, bagaimana cara berlangganan ChatGPT Plus di Indonesia?

Cara langganan ChatGPT Plus di Indonesia

Cara berlangganan ChatGPT Plus di Indonesia. Pengguna ChatGPT gratis bisa melakukan upgrade dengan cara mengakses laman ChatGPT, lalu mengeklik opsi Upgrade to Plus.Kompas.com/Wahyunanda Kusuma Cara berlangganan ChatGPT Plus di Indonesia. Pengguna ChatGPT gratis bisa melakukan upgrade dengan cara mengakses laman ChatGPT, lalu mengeklik opsi Upgrade to Plus.

  • Kunjungi laman chat.openai.com
  • Klik "Try ChatGPT"
  • Login akun ChatGPT. Login bisa dilakukan menggunakan akun Google (Gmail) atau melakukan pendaftaran akun baru apabila belum punya.
  • Untuk pengguna desktop, klik "Upgrade to Plus" di panel sebelah kiri.
  • Untuk versi mobile, klik tiga garis di pojok kiri atas (burger lines), lalu pilih opsi "Upgrade to Plus".
  • Nantinya, akan muncul pop-up berisi informasi paket akun pengguna.
  • Pilih "Upgrade Plan" di bagan "ChatGPT Plus".
  • Selesaikan pembayaran langganan ChatGPT Plus sebesar 20 dollar AS (Rp 300.000-an) sesuai dengan metode yang dipilih. Pembayaran bisa melalui kartu Visa, American Express, Mastercard, dan sebagainya yang biasa dipakai buat transaksi lintas negera.

Baca juga: Mengenal OpenAI, Perusahaan di Balik ChatGPT yang Elon Musk Pernah Ikut Terlibat

Fitur-fitur ChatGPT Plus

Secara umum, ChatGPT Plus menawarkan fitur-fitur yang lebih kaya dibanding ChatGPT versi gratis. Adapun fitur-fitur ChatGPT Plus adalah sebagai berikut:

1. Akses di jam sibuk

Fitur ChatGPT Plus yang pertama adalah tetap bisa diakses di jam sibuk. Hal ini tidak didapatkan di versi gratis.

Jam sibuk di sini diartikan sebagai peak time atau saat layanan ChatGPT sedang dipakai banyak orang di waktu yang bersamaan.

Nah, karena banyak yang mengakses, layanan ChatGPT gratis biasanya tidak bisa diakses. Biasanya, pengguna layanan ChatGPT gratis tidak bisa login di jam-jam sibuk. Bisa juga pertanyaan tidak ditanggapi karena akses sedang penuh.

Namun, pengguna ChatGPT Plus dijanjikan tidak akan mengalami kendala tersebut. Mereka akan mendapat keistimewaan, yakni tetap bisa mengakses chatbot AI itu meski di jam-jam sibuk.

2. Respons lebih cepat dan detail

Pengguna ChatGPT Plus juga akan mendapatkan respons yang lebih cepat dibanding versi gratis. Pengalaman ini diungkap oleh seorang YouTuber di kanal Mike Wheeler Media.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com