Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024

Sejarah Meme yang Populer di Internet, Digunakan untuk Hiburan hingga Propaganda

Kompas.com - 14/02/2023, 17:30 WIB

KOMPAS.com - Pengguna media sosial (medsos) pasti sudah tidak asing dengan meme. Ada banyak sekali meme yang populer digunakan di medsos, misalnya saja meme kucing marah alias "Grumpy Cat".

Kini, banyak orang yang kreatif untuk membuat meme sendiri dengan karakter yang mereka anggap cocok. Misalnya karakter superhero Spider-Man dengan berbagai versi yang saling tunjuk (Spider-Man pointing at Spider-Man).

Banyak warganet yang gemar mengirim meme lantaran lebih cepat dan mudah untuk merespons suatu postingan. Bahkan, ada pula yang mengoleksi meme untuk disebarluaskan ke lebih banyak pengguna lewat berbagai media sosial.

Namun, dari mana asal usul meme hingga populer digunkan utuk berkomunikasi di media sosial saat ini? Bagaimana pula meme tersebar dan memiliki tujuan lain, yang lebih dari sekadar lucu-lucuan semata?

Baca juga: Asal Muasal 10 Istilah Populer di Internet, dari Meme hingga Troll

Apa itu meme?

Grumpy Cat, seekor kucing yang menjadi salah satu objek meme populer di media sosial.Instagram realgrumpycat Grumpy Cat, seekor kucing yang menjadi salah satu objek meme populer di media sosial.

Cara membaca meme yang benar adalah "mim". Di mana huruf "e" dibaca sebagai huruf "i" dan mengabaikan huruf "e terakhir".

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (KBBI Kemendikbud) daring, meme merupakan kata benda yang berarti: "cuplikan gambar dari acara televisi, film, dan sebagainya atau gambar-gambar buatan sendiri yang dimodifikasi dengan menambahkan kata-kata atau tulisan-tulisan untuk tujuan melucu dan menghibur".

Penjelasan senada juga dipaparkan kamus online Merriam-Webster, di mana meme memiliki dua definisi. Arti meme pertama adalah sebagai item yang menghibur dan menarik. Misalnya gambar atau video dengan takarir (caption) di dalamnya dan tersebar di dunia maya lewat media sosial. Definisi meme ini adalah yang paling dipahami banyak orang.

Sementara itu, definisi meme kedua lebih umum. Meme didefinisikan sebagai sebuah ide, perilaku, gaya, atau penggunaan yang disebar dari orang ke orang dalam suatu budaya.

Meme menurut definisi kedua itu bisa merujuk ke item apapun, bisa jadi gambar, video, GIF, stiker, dan lainnya yang disebar dari waktu ke waktu.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke