Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

OtterPilot Meluncur, AI Baru yang Bisa Merangkum Meeting

Kompas.com - 15/02/2023, 10:00 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tren teknologi yang mengandalkan kecerdasan buatan (AI/Artificial Intelligence) semakin bermunculan.

Kali ini, software transkrip otomatis Otter.ai memperkenalkan asisten rapat virtualnya bernama OtterPilot yang ditenagai oleh AI, Selasa (14/2/2023).

Menurut pengumuman perusahaan di laman resminya, Otter.ai, OtterPilot dapat menjalankan telekonferensi secara otomatis dari awal sampai akhir. Hanya saja, fitur ini baru akan digelontorkan ke seluruh pengguna secara berkala dalam beberapa hari ke depan.

Fungsi asisten virtual tersebut adalah mempermudah serta meningkatkan produktivitas karyawan yang tengah melakukan meeting online. Caranya dengan menghubungkan kalender pengguna dan menjadwalkan Otter untuk otomatis masuk ke rapat.

Baca juga: Bill Gates: AI Mengubah Dunia, tapi Tidak Ancam Pekerjaan Manusia

Nantinya, usai melakukan meeting online, OtterPilot secara otomatis mengirim ringkasan rapat berupa poin-poin penting ke seluruh peserta. Ringkasan akan dikirim melalui e-mail disertai hyperlink di setiap poinnya atau dapat dikirim langsung ke grup Otter.

Catatan ringkasan rapat yang otomatis dikirim ke seluruh peserta rapatOtter.ai Catatan ringkasan rapat yang otomatis dikirim ke seluruh peserta rapat

Keunggulan lainnya, asisten virtual bertenaga AI itu juga dapat melakukan tangkapan layar (screenshot) dari slides presentasi ataupun gambar yang dibagikan selama rapat. Hasil screenshot tersebut juga bakal dimasukkan ke ringkasan rapat.

Selain itu, OtterPilot juga menampilkan transkrip secara real-time selama rapat berlangsung. Upaya ini, menurut Otter, dapat memudahkan para peserta mengingat slides presentasi yang dibagikan pertama kali beserta dengan penjelasannya.

Tampilan transkrip otomatis dari OtterPilot selama rapat berlangsung. Transkrip tersebut juga disertai menyertakan nama dan foto profil dari peserta yang berbicara serta gambar slides presentasiOtter.ai Tampilan transkrip otomatis dari OtterPilot selama rapat berlangsung. Transkrip tersebut juga disertai menyertakan nama dan foto profil dari peserta yang berbicara serta gambar slides presentasi

Dari tampilan gambar OtterPilot yang dibagi perusahaan, asisten virtual ini akan membagi link (tautan) melalui chat ke seluruh peserta. Link tersebut berupa ringkasan rapat yang dicatat secara langsung oleh AI.

Baca juga: Ini Dia, Asisten Virtual Berbasis Suara Favorit Pengguna Kantoran

Ketika diklik, para peserta dapat langsung melihat transkrip secara real-time. Para peserta juga dapat ikut berkontribusi dengan menambahkan komentar, menyoroti (highlights) beberapa poin penting, hingga membuat beberapa penugasan (assign action items).

Menariknya, OtterPilot juga menyertakan transkrip yang disertai nama dan foto profil peserta yang berbicara. Sehingga, ringkasan rapat terlihat lebih rapi dan pengguna yang membaca transkrip dapat mudah mengikuti dan memahami pembahasan selama rapat.

Di luar asisten virtual, Otter juga memiliki bot bernama Otter Assistant. Bot tersebut dapat otomatis bergabung ke rapat berdasarkan jadwal di kalender, dan melakukan transkrip percakapan. Nah, kini bot tersebut akan digabungkan ke OtterPilot.

Kehadiran OtterPilot tidak lagi mengharuskan seluruh karyawan untuk hadir meeting online. Barangsiapa yang berhalangan hadir, dapat menerima ringkasan catatan rapat melalui e-mail ataupun grup Otter. OtterPilot juga disebut dapat mempersingkat waktu karyawan sebelum dan setelah rapat.

Kecerdasan buatan membantu kami dalam segala aspek kehidupan. Setiap hari saya pergi ke kantor, saya terbantu dan terinspirasi dari keunggulan sistem autopilot mobil Tesla,” ujar CEO dan Co-Founder Otter.ai Sam Liang, seperti yang dikutip KompasTekno dari Tech Crunch, Rabu (15/2/2023).

“Sama halnya dengan kami yang melihat peningkatan pesat dari kemampuan AI milik Otter. Kini, OtterPilot bikinan kami berkomitmen untuk menghilangkan catatan rapat (yang ditulis manusia), menghemat waktu, dan meningkatkan produktivitas rapat untuk rapat-rapat kami di masa mendatang,” tambah Liang.

Bagi yang belum familier, Otter.ai merupakan perusahaan software yang melakukan transkrip otomatis sejak 2021 lalu. Perusahaan mengungkapkan telah melakukan transkrip di lebih dari 100 juta rapat.

Sebelumnya, perusahaan sempat melakukan uji coba fitur serupa. Fitur tersebut dinamai “Automated Outline” dan ditujukan untuk para pelaku bisnis di tahun 2022. Fungsinya mirip dengan OtterPilot, memberikan ringkasan berupa poin-poin penting selama rapat.

Namun, kehadiran dari OtterPilot sendiri bisa dikatakan sebagai peningkatan fitur dari “Automated Outline” versi beta saat itu. Maka dari itu, pengguna bisa memanfaatkan fitur yang diuji coba tahun lalu melalui OtterPilot nanti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com