Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Smartphone OnePlus 11 Disebut Tak Punya Identitas oleh Sang Pendiri

Kompas.com - 15/02/2023, 18:05 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber YouTube

KOMPAS.com - Carl Pei, mantan bos (Co-founder) sekaligus pendiri OnePlus yang kini memiliki perusahaan smartphone bernama Nothing, punya kebiasaan baru.

Beberapa waktu belakangan ia gemar mengulas berbagai smartphone yang baru dirilis. Ulasan itu diunggah di kanal YouTube Nothing.

Kini, dalam sebuah video anyar berdurasi sekitar 12 menit, Pei melakukan hal yang cukup unik. Ia mengulas OnePlus 11, sebuah ponsel baru buatan perusahaan yang ia dirikan (OnePlus). 

Seperti diketahui, Pei keluar dari OnePlus pada 2020 lalu dan mendirikan Nothing pada 2021. Artinya, kegiatan Pei mengulas perangkat OnePlus tentunya menarik untuk diikuti. 

Baca juga: Nothing Phone (1) Resmi Dirilis, Ponsel Pertama Buatan Mantan Pendiri OnePlus

Kembali lagi ke video yang diunggah di kanal YouTube Nothing tadi, Pei, yang mengaku sudah lama tak memegang ponsel bermerek OnePlus, menyebut bahwa OnePlus 11 sebenarnya memiliki desain cantik dan ciamik. 

Beberapa desain OnePlus 11 yang menarik perhatian Pei adalah penerapan layar melengkung (curved), tampilan mengilap, desain kamera, dimensi ketebalan ponsel yang tipis, dan lain sebagainya. 

Meski demikian secara keseluruhan, Pei menyindir bahwa tampilan OnePlus 11 seperti tak memiliki identitas. Pasalnya, desain ponsel tersebut berbeda dengan para pendahulunya, dan seakan tak memiliki "jati diri" bahwa itu adalah ponsel flagship OnePlus. 

OnePlus 9 Pro, misalnya, memiliki desain modul kamera persegi panjang, sedangkan OnePlus 10 Pro modul kameranya persegi, dan OnePlus 11 justru melingkar alias elips. 

Bos Nothing Carl Pei mengulas OnePlus 11.YouTube/Nothing Bos Nothing Carl Pei mengulas OnePlus 11.
"Setiap generasi baru ponsel flagship OnePlus berbeda dari generasi sebelumnya, kadang kamera diletakkan di tengah, kadang di samping, lalu kadang tombol-tombol berpindah, kadang penempatan logo di punggung juga diubah, dan lain sebagainya," ujar Pei, dikutip KompasTekno dari kanal YouTube Nothing, Rabu (15/2/2023).

Adapun hilangnya identitas dari sebuah ponsel, lanjut Pei, akan turut mempersulit OnePlus untuk membuat OnePlus 11 dikenal masyarakat luas, terutama dari aspek desain. 

"Jika logo OnePlus dan Hasselblad di OnePlus 11 dicopot, maka orang lain, terutama mereka yang bukan pengguna ponsel Android, bisa saja tidak tahu bahwa ponsel ini OnePlus 11," tambah Pei.

Baca juga: OnePlus 11R Meluncur dengan Fast Charging 100 Watt

Nah, apabila melihat pasar ponsel saat ini, beberapa ponsel kelas atas terbaru, seperti Apple iPhone 14 Series, tampaknya bisa menjadi contoh bahwa identitas yang disebut Pei tadi harus ada di suatu perangkat flagship.

iPhone 14 Series, misalnya, masih menggunakan desain yang "gitu-gitu aja" sejak iPhone X, yaitu dengan "poni" yang lebar di bagian depannya.

Selain itu, desain kamera "boba" yang disusun secara zig-zag, yang hadir sejak iPhone 11 Series, juga bisa dibilang sudah melekat dengan iPhone generasi terbaru.

Penasaran melihat ulasan OnePlus 11 dari mantan bos OnePlus Carl Pei? Video review ponsel tersebut bisa disimak secara lengkap di tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber YouTube


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com