Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Qualcomm Rilis Modem Snapdragon X75 5G, Siap Dukung 5G-Advanced

Kompas.com - 16/02/2023, 11:00 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Qualcomm meluncurkan chip modem baru yang bernama Snapdragon X75 5G, yang diklaim sebagai modem RF-System pertama yang mendukung 5G Advanced.

Seperti namanya, chip modem ini merupakan suksesor dari Snapdragon X70 5G yang telah diumumkan tahun lalu. 

Sebagai penerus, chip modem ini tentunya dibekali dengan berbagai peningkatan dari generasi pendahulunya, salah satunya adalah kehadiran teknologi penunjang konektivitas 5G versi baru (5G-Advanced). 

Secara teknis, chip modem ini sudah mendukung standar 5G anyar yang ditetapkan oleh badan standarisasi internasional 3GPP (3rd Generation Partnership Project), yaitu standar yang bernama Release 17 dan Release 18. 

Baca juga: Kerap Disamakan, Ini Perbedaan Modem dan Router

Lebih lanjut, Release 18 merupakan standar untuk konektivitas 5G generasi baru yang biasa dijuluki 5G Advanced. Dengan standar terbaru ini, ponsel yang dibekali dengan Snapdragon X75 5G diklaim bakal memiliki peningkatan performa konektivitas 5G di berbagai use case.

Selain hadir dengan dukungan 5G Advanced, chip modem 5G terbaru Qualcomm ini juga hadir dengan modul penerima sinyal (transceiver) mmWave dan sub-6 GHz yang kini disatukan, tidak dipisah. 

Dengan begitu, chip modem teranyar ini diklaim 25 persen lebih kecil dan juga 25 persen lebih hemat daya dibanding generasi sebelumnya.

Ilustrasi spesifikasi hardware Qualcomm Snapdragon X75 5G.Qualcomm Ilustrasi spesifikasi hardware Qualcomm Snapdragon X75 5G.

Fitur pendukung lain di Snapdragon X75 5G mencakup dukungan 10-carrier aggregation untuk 5G mmWave, 5-carrier aggregation untuk sub-6 GHz 5G, hingga dukungan 5G uplink MIMO (multiple-input multiple-output).

Ada pula dukungan teknologi Dual Sim Dual Active (DSDA) yang memungkinkan chip modem ini melakukan transfer data masuk (download) dan keluar (upload) secara bersamaan, serta dukungan teknolodi kecerdasan buatan (AI) untuk mendapatkan jangkauan sinyal 5G yang lebih baik di lokasi-lokasi lemah sinyal.

Baca juga: Harga Mobil Listrik Bakal Lebih Murah berkat Qualcomm?

Saat ini, chip modem Snapdragon X75 5G tengah diuji coba secara internal oleh Qualcomm, dan diperkirakan bakal mentenagai berbagai perangkat atau smartphone 5G baru menjelang akhir 2023 ini, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TheVerge, Kamis (16/2/2023).

Belum bisa dipastikan ponsel apa yang bakal pakai Snapdragon X75 5G. Namun, ponsel Android kemungkinan besar adalah ponsel yang bakal dibekali dengan chip modem 5G terbaru Qualcomm ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com