Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Mantan CEO YouTube Susan Wojcicki, Pernah Sewakan Garasi untuk Kantor Pertama Google

Kompas.com - 17/02/2023, 14:02 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber Yahoo News

KOMPAS.com - CEO YouTube Susan Wojcicki mengundurkan diri (resign) dari jabatannya, Kamis (16/2/2023). Jabatan CEO itu diemban Susan sejak 2014 atau selama 9 tahun lamanya.

Sebelum menjadi bos YouTube -anak perusahaan Alphabet Inc yang juga memayungi Google-, Susan sudah lebih lama bergabung dengan Google dan membeli YouTube pada 2006. Bahkan, Susan dianggap sebagai sosok yang berjasa di balik berdirinya Google 25 tahun silam, tepatnya pada 4 September 1998.

Pasalnya, Susan menjadi "tuan tanah" yang menyewakan garasi rumahnya di Sillicon Valley kepada kepada dua co-founder Google, Larry Page dan Sergey Brin. Tak lain, garasi itu disulap menjadi kantor pertama Google pada 1998.

Dari garasi rumah Susan Wojcicki-lah, Google lahir dan berkembang menjadi salah satu perusahaan teknologi raksasa dan paling bernilai di dunia.

Baca juga: CEO YouTube Susan Wojcicki Mengundurkan Diri

Berawal dari menyewakan garasi untuk kantor Google, Susan Wojcicki akhirnya kepincut dengan Google. Susan memilih resign dari Intel, lalu bergabung menjadi karyawan ke-16 Google.

Di masa awal kehadiran Google, Susan banyak berkontribusi memperluas bisnis iklan hingga membujuk Larry dan Sergey untuk membeli YouTube. Karier Susan pun terus menanjak hingga akhirnya ditunjuk menjadi Bos YouTube.

Sewakan garasi untuk Google seharga 1.700 dollar AS

Garasi rumah Susan Wijcicki di Menlo Park, California. Garasi inilah yang disewakan kepada Larry Page dan Sergey Brin untuk digunakan sebagai kantor pertama Google.Ist Garasi rumah Susan Wijcicki di Menlo Park, California. Garasi inilah yang disewakan kepada Larry Page dan Sergey Brin untuk digunakan sebagai kantor pertama Google.
Susan Wojcicki lahir di Santa Clara, California, Amerika Serikat pada 5 Juli 1968. Ia merupakan lulusan Universitas Harvard bidang studi sejarah dan sastra.

Di masa akhir kuliah, Susan sempat mengambil mata pelajaran pengantar ilmu komputer. Menurut dia, hal itu mengubah caranya berpikir tentang segala hal.

Susan Wojcicki kemudian menerima gelar master di bidang ekonomi pada tahun 1993 dari Universitas California di Santa Cruz. Di sana, ia juga bertemu dengan calon suaminya, Dennis Troper.

Pada 1998, Susan mendapatkan gelar MBA (Magister Administrasi Bisnis) dari Universitas California. Setelah itu, Susan bekerja di bidang pemasaran di perusahaan chip komputer Intel.

Lalu, pada bulan Agustus tahun yang sama, Susan menikahi Troper. Pasangan ini kemudian membeli rumah dengan empat kamar tidur dengan luas sekitar 185.800 hektar, di 232 Santa Margarita Ave, Menlo Park, California.

Untuk membantu membayar hipotek, Susan menyewakan garasi rumahnya kepada dua mahasiswa doktoral Stanford, yang tak lain adalah Larry Page dan Sergey Brin.

Ketika itu, Larry dan Sergey sedang menggarap perusahaan rintisan (startup) mesin pencari baru mereka, yang disebut Google. Susan mematok harga sewa 1.700 dollar AS sebulan untuk garasinya.

Menurut kalkulator inflasi, 1.700 dollar AS pada tahun 1998 itu setara dengan daya beli sekitar 3.120 dollar AS (kira-kira Rp 47,4 juta) hari ini.

Garasi rumah Susan itulah yang menjadi kantor pertama Google.

Baca juga: Menengok Garasi Tempat Kelahiran Google di Street View

Halaman:
Sumber Yahoo News


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com