Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Scanner, Fungsi, dan Jenis-jenisnya

Kompas.com - 18/02/2023, 03:00 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Scanner merupakan salah satu perangkat keras (hardware) input yang sering digunakan pengguna memindai beragam dokumen. Alat ini akan memindai dokumen fisik dan menjadikannya versi digital.

Tujuannya agar dokumen dapat lebih fleksibel untuk dicetak kembali, di-copy, maupun sebagai arsip tertentu. Cara menggunakan scanner juga mudah.

Pengguna hanya perlu meletakkan dokumen di scanner datar, selanjutnya dokumen akan dipindai, tunggu beberapa saat dan dokumen versi digital Anda dapat diakses di komputer.

Fungsi dan tujuan perangkat ini adalah membantu mendigitalisasikan dokumen. Namun apa definisi scanner sebenarnya? Simak ulasan pengertian scanner, fungsi, dan jenis-jenisnya. 

Baca juga: Pengertian Input Device, Fungsi, dan Contohnya

Pengertian scanner

Dilansir dari Javat Point, scanner adalah perangkat elektronik yang berguna untuk membaca dan mengubah dokumen fisik menjadi digital menggunakan bantuan software tertentu.

Sebagian besar scanner memiliki bentuk datar atau berjenis flatbed.  Jenis ini merupakan bagian yang paling sering digunakan untuk pemindaian berupa majalah, foto, dan beragam dokumen.

Scanner akan terhubung dengan software yang berada di komputer untuk menjalankan perintahnya. Selanjutnya data dari scanner diimpor ke aplikasi tersebut.

Software tersebut akan bekerja melalui pengenalan karakter optik yang memiliki kemampuan untuk mengubah dokumen teks yang dipindai menjadi teks digital. Pemindaian ini akan menghasilkan data yang dapat dilihat serta dimodifikasi dengan bantuan software pengolah kata.

Fungsi scanner

Secara umum scanner memiliki fungsi untuk mengubah dokumen fisik menjadi digital. Selain itu terdapat beberapa fungsi lain, seperti:

Penyalinan

Secara umum scanner memiliki kegunaan untuk menyalin dokumen dalam bentuk digital. Biasanya digunakan untuk menyalin poster, brosur, dokumen, atau lembar kerja lainnya sehingga dapat dicetak kembali sesuai kebutuhan.

Tak seperti mesin fotokopi, scanner dapat berfungsi untuk memodifikasi dokumen sebelum mencetak salinannya.

Riset

Scanner juga memiliki peran penting dalam kegunaan proyek penelitian. Salah satunya proyek penelitian jangka panjang untuk sekolah atau bisnis yang membutuhkan informasi dari beragam sumber.

Informasi-informasi tersebut dapat dihimpun dan disimpan melalui pemindaian lewat scanner. Hal ini juga bermanfaat untuk menyimpan sumber-sumber fisik yang dikhawatirkan akan hilang apabila tidak didigitalisasikan.

Pengarsipan

Scanner juga berfungsi untuk mengarsip beragam dokumen. Seperti, catatan bisnis, dokumen pajak, surat keluarga, dan lain sebagainya. Pengarsipan berguna untuk menyimpan beragam dokumen penting untuk mencegah dokumen hilang, dicuri, atau berbagai kemungkinan lainnya.

Berbagi foto

Scanner juga dapat digunakan oleh pengguna untuk berbagi foto hard copy dengan teman dan kerabat. Meskipun fungsi ini jarang digunakan, namun masih banyak pengguna yang ingin mendigitalisasikan foto-foto zaman dahulu yang tidak memiliki arsip digitalnya. Melalui cara ini, foto memiliki salinan dan bisa dicetak kembali.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com