Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER TEKNO] Pemilik iPhone 2017 ke Atas Diminta Segera Update iOS | CEO YouTube Mundur

Kompas.com - 18/02/2023, 07:00 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu berita teknologi yang cukup banyak dibaca adalah imbauan bagi para pengguna iPhone 2017 ke atas untuk segera memperbarui (update) iOS ke versi terbaru.

Sebab, update tersebut mampu menambal celah keamanan berbahaya. Selain iPhone, berita teknologi populer lain adalah mundurnya Susan Wojcicki dari jabatan CEO YouTube.

Susan mundur setelah sembilan tahun memimpin YouTube, anak perusahaan Alphabet yang juga menaungi Google. Ada pula peluncuran fitur baru Instagram yang mirip Telegram, yakni Channel.

Seperti apa tampilannya? Berikut rangkuman berita teknologi populer di kanal KompasTekno.

Pengguna iPhone 2017 ke atas wajib update iOS

Apple pekan ini merilis pembaruan keamanan (security update) iOS 16.3.1 untuk perangkat iPhone keluaran 2017 ke atas seperti iPhone X, XR, XS, hingga yang terbaru iPhone 14 Pro Max.

Pembaruan tersebut memperbaiki alias menambal celah keamanan (bug) berbahaya di sistem yang biasa menangani aplikasi berbasis web (WebKit) dengan kode CVE-2023-23529.

Saking bahayanya, divisi keamanan siber (CISA) dari Departemen Keamanan Dalam Negeri Amerika Serikat mengimbau pengguna untuk segera memperbarui iPhone mereka dengan iOS versi terbaru.

Penjelasan lengkapnya ada di artikel "Perhatian! Pemilik iPhone Tahun 2017 ke Atas Wajib Update iOS".

CEO YouTube Mundur

CEO YouTube, Susan Wojcicki memutuskan untuk mengundurkan diri (resign) dari perusahaan, Kamis (16/2/2022). Setelah sembilan tahun menjabat sebagai CEO YouTube, posisi Wojcicki akan diganti oleh Neal Mohan yang sebelumnya menjabat sebagai wakil CEO YouTube.

Dalam sebuah memo yang dikirim ke seluruh karyawan, Wojcicki memaparkan alasan ia mengundurkan diri. Alasan selengkapnya bisa disimak di artikel "CEO YouTube Susan Wojcicki Mengundurkan Diri".

Tunjangan Mark Zuckerberg naik setelah PHK karyawan

Meta, induk perusahaan Facebook, WhatsApp dan Instagram, memutuskan untuk menaikkan gaji Mark Zuckerberg. Lebih spesifik, CEO Meta itu mendapatkan kenaikan untuk tinjangan tahunan (annual security allowance) sebanyak 4 juta dollar AS atau sekitar Rp 60,7 miliar.

Kenaikkan ini hanya selang beberapa bulan setelah Meta memangkas ribuan karyawannya.
Lantas, apa alasan tunjangan keamanan Zuckerberg naik? Selengkapnya bisa disimak di artikel "Meta Naikkan Tunjangan Mark Zuckerberg Setelah PHK Karyawan".

Instagram rilis fitur Channel

Instagram mengumumkan fitur baru bernama Channel. Bukan cuma namanya, fitur ini juga punya fungsi yang mirip dengan fitur Channel di Telegram.

Instagram Channel merupakan fitur yang memungkinkan kreator IG membagikan pesan satu arah kepada semua followers-nya secara bersamaan. Fitur Channel ini mendukung pengiriman broadcast pesan berupa teks, gambar, jajak pendapat (polling), reactions, dan lainnya.

Kendati demikian, fitur ini masih diuji coba untuk beberapa kreator terpilih di Amerika Serikat (AS). Pihak Instagram berencana bakal memperluas fitur tersebut ke wilayah lain dalam beberapa bulan mendatang.

Tapilan fitur Channel Instagram bisa disimak di artikel  Instagram Punya Fitur Channel, Kreator Bisa Kirim Pesan Broadcast ke Followers".


PeduliLindungi akan bertransformasi menjadi aplikasi SatuSehat Mobile

Aplikasi PeduliLindungi akan bertransformasi menjadi aplikasi "SatuSehat Mobile" akhir bulan nanti. Rencananya, perubahan ini akan berlaku mulai 28 Februari 2023 mendatang.

Aplikasi SatuSehat Mobile nantinya memiliki manfaat yang luas untuk masyarakat. Aplikasi ini sedianya merupakan aplikasi kesehatan umum yang menyimpan hampir seluruh rekam medis pengguna, tidak hanya yang berkaitan dengan Covid-19.

Gambaran umum aplikasi ini bisa disimak di artikel "PeduliLindungi Akan Berubah Jadi Aplikasi SatuSehat Mobile Akhir Bulan Ini".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com