Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Mengatasi Kontak Baru Tidak Muncul di WA

Kompas.com - 18/02/2023, 16:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Pernahkan Anda setelah menyimpan nomor kontak pengguna lain namun justru nama kontak tidak muncul di aplikasi WA? Padahal nomor yang sudah tersimpan memiliki akun WhatsApp. Hal ini tentu membuat Anda kesulitan menghubunginya. 

Permasalahan ini bisa jadi berasal dari perangkat Anda. Maka dari itu setelah menyimpan kontak, pengguna diharapkan segera me-refresh/menyegarkan aplikasi WhatsApp agar kontak yang baru disimpan terdeteksi.

Kendati demikian, terkadang WhatsApp masih tidak memunculkan kontak baru tersebut. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini terdapat beberapa cara mengatasi kontak baru yang tidak muncul di WA.

Baca juga: 8 Fitur Baru WhatsApp yang Sudah dan Siap Dirilis, Ada Telepon WA Bisa Dijadwalkan

Cek perizinan kontak aplikasi

cara mengatasi kontak baru tidak muncul di WAKompas.com/soffyaranti cara mengatasi kontak baru tidak muncul di WA

Penyebab kontak baru tidak muncul di WA bisa jadi karena pengguna belum mengaktifkan izin kontak pada ponselnya. Selain itu mungkin saja Anda tidak sengaja menonaktifkan izin kontak ponsel.

Maka dari itu cobalah mengecek perizinan kontak WA dengan cara berikut ini. Sebagai informasi cara ini dilakukan pada ponsel Android Redmi Note 10S.  

  • Buka “Setelan/Settings”
  • Pilih “Aplikasi”
  • Klik “Kelola Aplikasi”
  • Pilih “WhatsApp”
  • Selanjutnya pilih “Perizinan aplikasi” dan pada bagian kontak klik “Izinkan”

Menambahkan kontak langsung dari aplikasi WA

Cobalah untuk langsung menyimpan kontak dari aplikasi dan bukan melalui menu ponsel Anda. Cara menyimpan kontak baru di WhatsApp adalah sebagai berikut.

  • Buka WhatsApp Anda
  • Pilih ikon “Chat” di pojok bawah kanan
  • Klik “Kontak baru”
  • Masukkan nomor WA pengguna lain yang ingin disimpan

Memperbarui aplikasi WhatsApp

Penyebab lain kontak tidak tersimpan di WhatsApp adalah aplikasi WA Anda mengalami bug atau error karena suatu hal tertentu. Maka dari itu untuk mengatasinya cobalah untuk memperbarui WhatsApp melalui toko aplikasi Play Store (Android) atau App Store.

Setelah memperbarui aplikasi cobalah kembali memperbarui kontak WhatsApp Anda. Cek apakah kontak pengguna telah tersimpan dan dapat dihubungi.

Baca juga: 3 Cara Mencegah Akun WhatsApp Disadap

Scan kontak lewat barcode

Apabila kontak masih tidak terdeteksi di WhatsApp cobalah untuk menyimpan nomor WA dengan memindai nomornya lewat barcode. Pemindaian melalui barcode membantu pengguna tak repot mengetikkan nomor ponsel dan menghindari kesalahan pengetikan. 

Kesalahan tersebut yang membuat kontak WhatsApp tidak terdeteksi. Cara memindai kontak WhatsApp dengan barcode berikut ini caranya:

  • Buka WhatsApp Anda
  • Pilih ikon “Chat” di pojok bawah kanan
  • Pada bagian kontak baru klik ikon barcode di sebelah kanan
  • Mulai memindai barcode kontak pengguna lain
  • Nantinya Anda akan langsung terhubung pada kontak WA pengguna lain

Baca juga: 2 Cara Membuat Stiker WA di HP dan PC

Demikian cara mengatasi kontak baru tidak muncul di WhatsApp. Apabila WhatsApp mengalami beragam error kembali, salah satunya aplikasi yang tidak bisa dibuka, pengguna dapat mengikuti cara pada artikel berikut ini. Semoga membantu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com