Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akun Centang Biru Mendadak Menjamur di Twitter, Ini Faktanya

Kompas.com - 21/02/2023, 14:00 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

KOMPAS.com - Baru-baru ini, sejumlah pengguna Twitter mengaku banyak menjumpai akun centang dengan lencana centang biru. Akun centang biru itu milik pengguna biasa, bukan akun resmi lembaga, brand, maupun orang berpengaruh (influencer).

Fenomena itu diungkap salah satu pengguna Twitter ini.

"Bingung, banyak banget yang centang biru di Twitter," twitnya.

Hal senada juga dikicaukan oleh pengguna lain. Dia mengaku banyak menjumpai akun centang biru yang muncul di balasan (reply) utas (thread) maupun twit lain.

"Sekarang kenapa jadi banyak akun centang biru "jb jb" (ikut nimbrung) dah?" tulisnya.

Lantas mengapa mendadak banyak akun pengguna Twitter biasa yang memiliki centang biru?

Baca juga: Twitter Blue Resmi di Indonesia, Harga Langganan mulai Rp 120.000 Per Bulan

Centang biru berbayar lewat langganan Twitter Blue

Banyaknya akun centang biru di Twitter akhir-akhir ini adalah imbas dari pemberlakukan Twitter Blue. Twitter Blue merupakan program Twitter premium alias berbayar, di mana pengguna bisa berlangganan untuk mendapatkan fitur ekstra yang tidak tersedia di versi gratis.

Salah satu fitur yang ditawarkan adalah centang biru, khusus bagi pelanggan Twitter Blue.
Namun, ada pula beberapa akun Twitter yang memang sudah lama terverifikasi dan masih mendapat centang biru gratis, sebelum perilisan Twitter Blue.

Misalnya saja akun Twitter resmi KompasTekno dengan handle @KompasTekno. Untuk membedakan mana akun centang biru berbayar dan mana yang diberikan karena telah diverifikasi sebelumnya, Anda bisa mengeklik ikon lencana biru.

Nantinya, akan muncul kotak dialog yang menerangkan apakah centang biru yang disematkan diberikan karena berlangganan Twitter Blue atau sudah terverifikasi sebelumnya.

Perbedaan akun centang biru berbayar milik pelanggan Twitter Blue (kanan) dan akun KompasTekno yang memang sudah lama terverifikasi dan masih mendapat lencana biru (kiri).Kompas.com/Wahyunanda Kusuma Perbedaan akun centang biru berbayar milik pelanggan Twitter Blue (kanan) dan akun KompasTekno yang memang sudah lama terverifikasi dan masih mendapat lencana biru (kiri).

Melansir Forbes, Elon Musk selaku pemilik sekaligus CEO Twitter akan menghapus centang biru yang disematkan di akun yang sudah terverifikasi sebelumnya. Dengan kata lain, hanya akun pelanggan Twitter Blue saja yang akan berhak mendapat lencana centang biru.

"Centang biru lama akan dihapus segera," kata Musk.

Entah kapan rencana itu akan direalisasikan. Pastinya, hingga berita ini ditulis, beberapa akun terverifikasi yang sudah mendapat centang biru gratis karena memiliki pengaruh, seperti akun milik jurnalis, aktivis, dan influencer, masih memiliki lencana biru tersebut.

Baca juga: Perbandingan Centang Biru Instagram dan Facebook Berbayar dengan Twitter Blue

Selain centang biru, ada centang emas dan abu-abu

Tidak cuma centang biru. Skema baru Twitter juga menghadirkan akun centang emas dan abu-abu. Apa bedanya?

Akun centang emas adalah lencana yang disematkan untuk akun resmi sebuah perusahaan atau organisasi. Tanda ini juga bisa didapatkan dengan mendaftar Twitter Blue for Business yang saat ini, masih belum dirilis secara global.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com