Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna Indonesia Kini Bisa Nonton TikTok di TV

Kompas.com - 21/02/2023, 17:28 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah diperkenalkan di beberapa negara sejak 2020 lalu, aplikasi TikTok khusus untuk perangkat Android TV, yaitu TikTok TV, akhirnya resmi meluncur di pasar Indonesia. 

Hal ini diumumkan TikTok melalui sebuah pengumuman di blog resmi TikTok Indonesia. Menurut TikTok, aplikasi TikTok TV hadir untuk memberikan pengalaman hiburan konten TikTok bagi keluarga di rumah.

"Aplikasi TikTok TV dirancang sesuai dengan pengalaman menonton TV di rumah, memberikan akses yang mudah untuk menonton konten di laman 'For You' dan 'Following' melalui layar yang lebih besar," ujar TikTok Indonesia. 

Baca juga: Bukan WhatsApp atau TikTok, Ini Aplikasi Paling Banyak Di-download Orang Indonesia

Pantauan KompasTekno, Selasa (21/2/2023), aplikasi TikTok TV memang sudah bisa diunduh langsung di Android TV yang kami miliki (Mi TV).

Menurut TikTok, aplikasi ini juga bakal bisa diunduh di Google TV, Samsung Smart TV, dan Smart TV merek lainnya yang terpasang dengan sistem operasi (OS) Android TV di Indonesia mulai hari ini.

Namun khusus untuk LG Smart TV, pihak TikTok mengatakan bahwa aplikasi TikTok TV bakal tersedia dalam beberapa waktu ke depan.

Apa saja yang bisa dilihat di TikTok TV?

Tampilan TikTok TV menampilkan video berdasarkan kategori.TikTok Tampilan TikTok TV menampilkan video berdasarkan kategori.

Sekilas, tampilan TikTok TV mirip dengan tampilan antarmuka (UI) TikTok ketika diakses melalui perangkat komputer (PC).

Artinya, konten TikTok yang memiliki format vertikal akan diisi dengan ilustrasi gambar buram di bagian kiri dan kanan konten, supaya bisa memenuhi layar TV yang memiliki format horizontal.

Baca juga: Beda Resolusi Layar HD, Full HD, Ultra HD, 2K, 4K, 8K, 10K di HP, TV, dan Lainnya

Meski memiliki tampilan berbeda, konten sebagian besar fitur yang ditawarkan tetap sama. 

Melalui TikTok TV, pengguna bisa melihat berbagai konten yang berada di laman "For You" dan "Following", serta beberapa kategori konten seperti "Comedy", "Sports", "Animals", "Learning", dan masih banyak lagi. 

Pengguna juga bisa menyukai konten yang mereka lihat di TikTok TV dengan menekan tombol "Likes", melihat komentar pengguna TikTok lewat tombol "Comments", atau melihat profil pengguna yang mengunggah video tersebut dengan menekan tombol "Profile".

Namun, pengguna TikTok TV tampaknya tidak bisa memberikan komentar terhadap video yang mereka tonton, setidaknya begitu menurut pantauan KompasTekno.

Cara login di TikTok TV

Tampilan aplikasi TikTok TV dan tombol untuk login dengan akun TikTok.KOMPAS.com/Bill Clinten Tampilan aplikasi TikTok TV dan tombol untuk login dengan akun TikTok.

Nah, untuk melakukan berbagai aktivitas di TikTok TV, seperti melihat video yang telah dikurasi sesuai minat pengguna dan menyukai atau melihat komentar postingan TikTok tadi, pengguna harus lebih dulu masuk (login) dengan akun TikTok mereka. 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com