Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER TEKNO] Tanggapan Google soal Rencana Publisher Right | Harga Langganan Netflix di Indonesia Turun

Kompas.com - 22/02/2023, 07:00 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

KOMPAS.com - Tanggapan Google soal rencana pemerintah Indonesia yang akan mewajibkan platform digital untuk membayar konten berita lewat aturan Publisher Right, menjadi salah satu topik terpopuler di KompasTekno.

Selain soal Publisher Right, berita teknologi lain yang juga banyak dibaca adalah harga langganan Netflix di Indonesia yang kini lebih murah. Kendati demikian, penurunan harga langganan Netflix tidak berlaku untuk semua paket.

Ada pula berita soal bocoran desain iPhone 15 Pro yang beredar di internet. Kabarnya, iPhone 15 Pro bakal memiliki bezel tipis dan menggunakan USB C. Untuk selengkapnya, berikut rangkuman berita teknologi terpopuler KompasTekno.

Baca juga: [POPULER TEKNO] Akun Centang Biru Facebook dan Instagram Akan Berbayar | WhatsApp Rilis Mode PiP Video Call untuk iPhone

Tanggapan Google soal Publisher Right

Pemerintah Indonesia sedang menyiapkan regulasi yang mewajibkan platform digital asing seperti Google dan Facebook membayar konten berita yang didistribusikan di platform mereka kepada media. Regulasi itu disebut juga sebagai "Publisher Right" atau hak penerbit.

Google, sebagai salah satu platform digital asing yang beroperasi di Indonesia yang kemungkinan besar terpengaruh, mengomentari rencana regulasi Publisher Right tersebut.

Google mengatakan bahwa regulasi yang mengekang atau berat sebelah, dapat menghambat perusahaan terutama untuk perusahaan seperti Google menjalankan layanannya secara efektif.
Selain itu, Google juga mendorong dobentuknya pengawas independen untuk memantau penerapan aturan tersebut.

Tanggapan Google selengkapnya bisa disimak di artikel "Google Tanggapi Rencana Pemerintah Indonesia Wajibkan Platform Digital Bayar Konten Berita".

Harga langganan Netflix di Indonesia turun

Platform streaming video populer Netflix menurunkan harga paket berlangganan mereka di Indonesia. Kini, harga berlangganan Netflix paket "Basic" di Indonesia menjadi Rp 65.000, turun dari harga sebelumnya Rp 120.000.

Namun, tidak semua paket mengalami penurunan harga. Menurut pihak Netflix, penurunan harga paket Basic dan Standard ini diterapkan untuk meningkatkan pengalaman pengguna menonton aneka tayangan yang ada di Netflix.

Rincian harga langganan Netflix terbaru bisa disimak di artikel "Harga Langganan Netflix di Indonesia Turun, Paket Basic Jadi Rp 65.000".

Infinix Zero 5G 2023 meluncur di Indonesia

Infinix merilis smartphone model terbaru dari seri premium Zero, yakni Infinix Zero 5G 2023 di Indonesia. Ponsel ini mengandalkan chipset 5G Dimensity 920 5G dan baterai 5.000 mAh dengan pengisian daya cepat.

Ponsel ini memiliki ukuran layar 6,78 inci resolusi FHD dengan kecerahan puncak hingga 500 nits. Layarnya juga menampilkan kecepatan refresh rate hingga 120 Hz.

Harga dan spesifikasi lengkap Infinix Zero 5G 2023 bisa disimak di artikel "Infinix Zero 5G 2023 Meluncur di Indonesia, Harga Rp 3 Jutaan".


Pengguna Indonesia kini bisa nonton TikTok di TV

Setelah diperkenalkan di beberapa negara sejak 2020 lalu, aplikasi TikTok khusus untuk perangkat Android TV, yaitu TikTok TV, akhirnya resmi meluncur di pasar Indonesia.

Pantauan KompasTekno, Selasa (21/2/2023), aplikasi TikTok TV memang sudah bisa diunduh langsung di Android TV yang kami miliki (Mi TV).

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com