Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Fitur Tersembunyi WhatsApp yang Wajib Diketahui

Kompas.com - Diperbarui 27/03/2023, 07:36 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

KOMPAS.com - WhatsApp (WA) memiliki segudang fitur yang bisa digunakan penggunanya. Bahkan, setiap tahun anak perusahan Meta ini selalu menggulirkan fitur baru untuk meningkatkan pengalaman berkirim pesan.

Saking banyaknya fitur yang dimiliki, ada beberapa fitur tersembunyi WhatsApp yang bisa jadi belum diketahui pengguna WhatsApp pada umumnya. Fitur tersembunyi WhatsApp ini bukan sekadar gimmick, namun memang memiliki fungsi yang berguna bagi pengguna.

Apa saja? Berikut daftar fitur tersembunyi WhatsApp sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Pocket Lint. Sebagai catatan, cara menggunakan fitur tersembunyi ini KompasTekno coba menggunakan WhatsApp versi Android. Namun, ada kemungkinan caranya hampir sama untuk iOS.

Baca juga: Fitur Baru WhatsApp, Pengguna iPhone Kini Bisa Video Call Sambil Buka Aplikasi Lain

Daftar fitur tersembunyi WhatsApp

1. Cari chat dengan topik tertentu dengan cepat

Ada kalanya Anda ingin mencari topik tertentu dalam sebuah chat. Mencarinya dengan membuka chat satu per satu tentu akan memakan waktu lama.

Anda bisa mencari topik tertentu dalam sebuah chat dengan mudah, caranya buka tab chat > klik search (ikon kaca pembesar) di sisi atas layar > ketik topik apa yang dikehendaki.

Agar lebih mudah, Andaa bisa memilih filter yang tersedia, yakni chat yang belum dibaca, foto, video, link, GIF, audio, dokumen, atau polling. Cukup pilih salah satu jenis filter yang sesuai dengan topik yang dikehendaki, maka pencarian akan lebih mudah.

2. Cara cek chat yang paling banyak menghabiskan memori

Dari sekian banyak chat yang masuk, ada beberapa kontak yang menghabiskan cukup banyak ruang. Misalnya saja grup pekerjaan, kolega, atau grup keluarga yang kerap mengirim file media, dokumen, atau link berukuran besar.

Banyaknya ruang penyimpanan yang dihabiskan sebuah chatroom belum tentu mengindikasikan bahwa Anda paling sering "chattingan" dengan kontak tersebut.

Bisa jadi, isi chat terbilang jarang, namun kerap berkirim file berukuran besar, seperti disebutkan di atas.

Nah, cara mengecek chat mana yang paling banyak menghabiskan ruangan, bisa dilihat dengan cara buka menu setelan > penyimpanan dan data > kelola penyimpanan > akan muncul daftar kontak dengan urutan yang paling banyak memakan ruang penyimpanan.

3. Cara cepat hapus semua foto, GIF, video, pesan, dan stiker dari chat tertentu

Anda bisa menghapus file media, seperti foto, video, GIF, dokumen, dan sebaginya untuk akun tertentu secara cepat. Tak perlu menelusuri riwayat chat dan menghapusnya satu per satu.

Untuk menghapus file media di chat tertentu dengan cepat, bisa dilakukan dengan cara buka menu setelan > penyimpanan dan data > kelola penyimpanan > pilih kontak > kelola > pilih > centang file yang ingin dihapus atau klik kotak "pilih semua" untuk menghapus semua file dalam satu waktu > klik ikon tempat sampah.

Baca juga: Duduk Perkara Perang Dingin WhatsApp Vs Telegram

4. Fitur hemat data

WhatsApp memiliki fitur yang memungkinkan pengguna bisa lebih berhemat menggunakan kuota internet. Caranya adalah dengan memberikan opsi ke pengguna file media mana saja yang ingin diunduh dan disimpan di perangkat.

Caranya adalah dengan buka menu setelan > penyimpanan dan data > unduh otomatis media > saat menggunakan data seluler > kosongkan semua kotak.

Kemudian, dengan tahapan yang sama, pilih opsi "saat terhubung ke WiFi" lalu pilih jenis media mana yang ingin diunduh otomatis saat mengakses WA menggunakan WiFi.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com