Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Android atau iOS, Smartphone Ini Pakai 2 OS Lain yang Bisa Dipilih

Kompas.com - 22/02/2023, 17:00 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber GizChina

KOMPAS.com - Selama ini, sistem operasi (OS) mobile yang paling populer dan mendominasi adalah Android dan iOS (iPhone). Namun, perusahaan asal Jerman yang berfokus pada pengembangan teknologi open-source, Hallo Welt Systeme meluncurkan ponselyang tidak mengadopsi kedua OS tersebut.

Ponsel baru Hallo Welt Systeme yang diberi nama Volla Phone X23 ini menggunakan dua opsi OS yang berbeda, yakni Volla OS dan Ubuntu Touch OS sebagai default software.

Volla OS merupakan sistem operasi bikinan Hallo Welt System, sedangkan Ubuntu Touch OS bikinan perusahaan piranti lunak open-source Canonical.

Ilustrasi dari tampilan layar depan Volla Phone X23Volla Phone Ilustrasi dari tampilan layar depan Volla Phone X23

Kedua OS yang ditawarkan sama-sama menjalankan sistem operasi terbuka (open-source). Tujuannya adalah untuk memberikan keleluasaan bagi pengguna untuk mengontrol perangkatnya, seperti yang dihimpum KompasTekno dari Giz China, Rabu (22/2/2023).

Baca juga: Pasar Ponsel Android Merosot, Vendor Harus Kurangi Produksi HP

Kendati demikian, Volla Phone X23 versi Volla OS disebut lebih kompatibel dengan aplikasi Android, dibanding versi Ubuntu OS. Selain OS, spesifikasi Volla Phone X23 versi Volla OS maupun Ubuntu OS tampaknya tak berbeda

Spesifikasi Volla Phone X23

Volla Phone X23 hadir dengan layar seluas 6,1 inci dan menawarkan resolusi HD Plus (1.560x720 piksel). Layar depan dihiasi poni berjenis tetesan air (waterdrop), menyerupai huruf “U” untuk menampung kamera depan (selfie) 16 MP.

Sedangkan, konfigurasi kamera belakangnya terdiri dari kamera utama 48 MP (PDAF) dan kamera ultra-wide 8 MP disertai teknologi AutoFocus. Kedua kamera disebut dapat menunjang perekaman video yang menawarkan gambar yang tajam.

Untuk menunjang performanya, Volla Phone X23 ditenagai chipset MediaTek Helio G99. Chipset ini dipadu dengan RAM 4 GB dan media penyimpanan (storage) seluas 64 GB.

Volla Phone X23 hadir dengan baterai yang dapat dilepas-pasang. Baterai tersebut berkapasitas 5.000mAH dan sudah mendukung pengisian daya cepat (fast charging) 30 watt atau pengisian nirkabel 15 (tanpa kabel) 15 wattVolla Phone Volla Phone X23 hadir dengan baterai yang dapat dilepas-pasang. Baterai tersebut berkapasitas 5.000mAH dan sudah mendukung pengisian daya cepat (fast charging) 30 watt atau pengisian nirkabel 15 (tanpa kabel) 15 watt

Baterainya memiliki kapasitas 5.000mAH dengan pengisian daya cepat (fast charging) 30 watt atau pengisian nirkabel (tanpa kabel) 15 watt. Baterai Volla Phone X23 tidak ditanam (unibodi) melainkan lepas-pasang (removable) dan bisa diganti dengan mudah tanpa alat bantu.

Fitur pendukung lainnya adalah sertifikasi MIL-STD 810H dan IP68. Artinya, perangkat memiliki daya tahan cukup tinggi, seperti bertahan di suhu ekstrem, jatuh dari ketinggian tertentu, tahan getaran, dan sebagainya. Perangkat ini juga diklaim dapat tahan air dan debu.

Baca juga: Perhatian! Pemilik iPhone Tahun 2017 ke Atas Wajib Update iOS

Adapun sistem keamanan perangkat menggunakan teknologi pemindai sidik jari (fingerprint) di sisi kanan bodi. Fitur lainnya terdiri dari dual-SIM, microSD, jaringan 4G, GPS, NFC, Bluetooth 5.2. Wi-Fi 2,4/5GHz, USB-C, dan colokan jack audio 3,5 mm.

Harga Volla Phone X23

Volla Phone hadir dengan satu varian warna saja, yakni Hitam. Banderol harganya sekitar 522 euro atau sama dengan Rp 8,4 jutaan (estimasi kurs hari ini Rp 16.191).

Pemesanan bisa dilakukan melalui situs resmi perusahaan di volla.online. Volla Phone X23 mulai melakukan dikirim pada Mei 2023 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GizChina


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com