Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Komentar dengan "GIF" di Instagram

Kompas.com - 23/02/2023, 17:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Belakangan, sejumlah pengguna Instagram diketahui bisa memberikan komentar dengan gambar GIF di postingan feed.

Selama ini, pengguna hanya bisa memberikan komentar dalam bentuk teks dan emoji saja. Sementara gambar GIF sendiri selama ini hanya bisa digunakan di Instagram Stories dan direct message (DM) Instagram.

Lantas, bagaimana cara komentar dengan GIF di Instagram?

Sebelumnya, perlu dicatat, sejauh ini belum diketahui secara pasti apakah fitur komentar dengan GIF ini baru diuji coba atau sudah mulai dirilis ke pengguna.

Namun, menurut informasi yang beredar di internet, kemampuan menggunakan gambar GIF di kolom komentar Instagram ini baru bisa dicoba oleh segelintir pengguna Instagram di perangkat berbasis sistem operasi iOS.

Baca juga: Instagram dan Facebook Bikin Verifikasi Biru Berbayar seperti Twitter

Melansir Indian Express, fitur ini kabarnya mulai digulirkan Instagram secara bertahap. Sehingga, baru sebagian pengguna saja yang saat ini bisa menjajalnya. Kabarnya, Instagram akan memperluas sebaran fitur ini dalam beberapa minggu ke depan.

Bila beruntung, pengguna dapat mencoba fitur komentar dengan GIF di Instagram lebih awal. Kehadiran fitur ini ditandai dengan munculnya ikon "GIF" di kolom komentar.

Cara komentar dengan GIF di Instagram

Tampilan ikon GIF di kolom komentar Instagram. Ikon tersebut memungkinkan pengguna meninggalkan komentar dengan gambar GIF dari pustaka Giphy di Instagram.Reddit/ Particular_Lie_7995 Tampilan ikon GIF di kolom komentar Instagram. Ikon tersebut memungkinkan pengguna meninggalkan komentar dengan gambar GIF dari pustaka Giphy di Instagram.
Bila sudah kebagian, pengguna bisa mencoba meninggalkan komentar dengan GIF di Instagram dengan cara sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Instagram di ponsel.
  • Klik ikon komentar di postingan seseorang yang ingin dikomentari.
  • Di kolom komentar, pengguna akan menemukan ikon "GIF".
  • Klik ikon GIF.
  • Lalu pengguna akan melihat pustaka gambar GIF dari Giphy, sama seperti ketika pengguna menggunakan gambar GIF di DM atau Instagram Stories.
  • Selanjutnya, pengguna tinggal memilih gambar GIF yang ingin digunakan.
  • Atau, pengguna juga bisa memasukkan kata kunci di kolom pencarian untuk menemukan gambar GIF yang sesuai dengan komentar pengguna.
  • Bila sudah dipilih, gambar GIF akan terkirim dan muncul di kolom komentar.

Sama seperti komentar teks atau emoji, pengguna yang lain juga bisa memberikan tanda suka dan membalas komentar GIF dari pengguna.

Menurut pantauan KompasTekno, Kamis (23/2/2023), fitur komentar dengan GIF di Instagram ini belum tersedia di aplikasi Instagram versi 271.1.0.21.84 di ponsel Android.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com