Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024

Hard Disk Eksternal Ini Punya Kapasitas 44 TB, Dijual Rp 22 Juta

Kompas.com - 23/02/2023, 18:02 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Western Digital (WD) merilis media penyimpanan (storage) hard disk drive (HDD) eksternal terbaru dari seri My Book. 

Ada dua model yang diperkenalkan, yaitu My Book "reguler" yang kini memiliki ruang penyimpanan dengan kapasitas 22 TB, dan My Book Duo dengan besar ruang penyimpanan dua kali lipat dari My Book 22 TB, yaitu 44 TB

Khusus untuk My Book Duo 44 TB, Western Digital mengeklaim bahwa produk ini merupakan HDD eksternal dengan kapasitas ruang penyimpanan terbesar perusahaan untuk sekelas produk konsumen.

Baca juga: Western Digital Bikin Harddisk 40 TB dengan Microwave

Adapun model My Book Duo sebelumnya memiliki kapasitas ruang penyimpanan yang hanya mentok 36 TB.

Secara ukuran, HDD eksternal My Book Duo 44 TB lebih besar dibanding My Book 22 TB. My Book Duo 44 TB memiliki dimensi (panjang x lebar x tinggi) 160mm x 100mm x 180mm, sedangkan My Book 22 TB memiliki dimensi 139,3 x 49 x 170,6 mm.

Meski fisik dan kapasitasnya berbeda, kedua HDD eksternal ini sama-sama memiliki dukungan software Western Digital untuk mengelola file-file yang tersimpan di dalamnya. 

Ilustrasi kelengkapan port di My Book Duo 44 TB.Western Digital Ilustrasi kelengkapan port di My Book Duo 44 TB.
Selain itu, kedua produk ini juga mendukung fitur password protection dengan teknologi keamanan 256-Bit AES Hardware Encryption. Pengamanan HDD eksternal bisa dilakukan melalui software Western Digital.

KhususMy Book Duo 44 TB, Western Digital turut menghadirkan dukungan teknologi RAID-0 dan RAID-1 untuk menunjang performa perangkat dalam berbagai mode penggunaan atau transfer file.

Baca juga: Awas, Ada Malware yang Menghapus Isi Harddisk WD My Book Live

Beralih ke kelengkapan konektor (port), My Book 22 TB hadir dengan satu buah konektor Micro (USB 3.2 Gen 1) dan satu buah konektor daya 12V.

Sedangkan untuk My Book Duo 44 TB, produk ini dilengkapi dengan konektor USB-C (USB 3.2 Gen 1), dua buah konektor USB 3.0 (USB-A), dan satu buah konektor daya 12V.

Untuk ketersediaan, My Book 22 TB dan My Book Duo 44 TB sudah tersedia di pasar global dengan harga 600 dollar AS (sekitar Rp 9,1 juta) dan 1.5l00 dolar AS (sekitar Rp 22,8 juta), sebagaimana dirangkum KompasTekno dari ArsTechnica, Kamis (23/2/2023). 

Belum ada informasi apakah duo HDD eksternal My Book terbaru Western Digital ini bakal dipasarkan di Indonesia atau tidak. Kita nantikan saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke