Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Punya "Produk" Langka yang Tak Diketahui Banyak Orang

Kompas.com - 23/02/2023, 19:30 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber GizChina

KOMPAS.com - Sepanjang sejarahnya, Apple sudah meluncurkan banyak produk seperti iPhone, iPad, dan AirPods. Namun, ada satu "produk istimewa" yang diluncurkan oleh perusahaan berbasis California tersebut.

"Produk istimewa" ini tidak dijual ke pasar global melainkan hanya dikhususkan untuk karyawannya saja, terutama bagi mereka yang loyal terhadap perusahaan.

Adapun produk ini bertajuk "The 10-Year Award" (Penghargaan Sepuluh Tahun). Sesuai namanya, "produk" ini ditujukan untuk karyawan Apple yang sudah bekerja di perusahaan tersebut selama sepuluh tahun. Jadi, "produk" ini sebetulnya adalah sebuah penghargaan loyalitas karyawan.

Meski dibuat khusus untuk karyawannya saja, kreator konten di YouTube yang bernama DongleBookPro berhasil mendapatkan "produk" terbatas itu dan melakukan unboxing.

Bagi yang belum tahu, DongleBookPro adalah YouTuber yang dikenal karena kontennya seputar produk Apple yang jarang diketahui masyarakat luas.

Baca juga: Apple Ungkap Fitur Tersembunyi di iPhone, Apa Itu?

Dalam video unboxing tersebut, YouTuber ini menunjukkan kotak putih yang memuat penghargaan tersebut. Tidak ada gambar atau tulisan apapun, kecuali pada bagian kiri kotak yang memuat secarik kertas berwarna pink dengan nama karyawan.

Saat dibuka, terdapat surat yang bertujuan untuk mengekspresikan rasa terima kasih Apple kepada karyawannya yang setia. Isi surat tersebut adalah sebagai berikut:

Sepuluh tahun.

Selamat, (Anda) telah mencapai momen (yang menjadi) tonggak sejarah ini. Pekerjaan yang telah Anda lakukan, tantangan yang telah Anda temui, dan terobosan yang telah Anda buat - semuanya menambah kontribusi yang mendalam dan berkesan pada misi Apple untuk mengubah dunia menjadi lebih baik. Atas nama semua karyawan di Apple, terima kasih atas semua yang Anda beri dalam perjalanan kita bersama.

Surat tersebut ditandatangani langsung oleh CEO Apple, Tim Cook. Di bawah surat tersebut, terdapat kemasan yang memuat kain mikrofiber (Polishing Cloth) alias lap pembersih gadget buatan Apple.

Kain ini sudah menjadi bagian dari paket penghargaan yang ditujukan untuk karyawan bahkan sebelum kain tersebut diluncurkan di pasaran. Lap gagdet tersebut baru dijual ke pasaran akhir 2021 lalu. Namun, Polishing Cloth ini sudah dipaketkan bersamaan dengan penghargaan yang diberikan untuk karyawan Apple sebelum 2021.

Polishing Cloth Apple ini diletakkan menutupi penghargaan tersebut.

Baca juga: Alasan Logo Apple Bergambar Apel Kroak dan Kisah di Baliknya

Terbuat dari aluminium

DongleBookPro lantas menunjukkan catatan material yang digunakan untuk membuat produk tersebut. Menurut catatan itu, penghargaan tersebut menggunakan bahan aluminum 6000 series yang umumnya digunakan dalam penggarapan produk Apple.

Sisa-sisa dari proses produksi dikumpulkan dan didaur ulang. Selanjutnya, hasil daur ulang tersebut dicetak menjadi ingot atau batang logam panjang yang kemudian diiris dan diproses dengan mesin.

Permukaannya dihaluskan dan bagian tepinya dipoles menyerupai diamond-cut. Kotak ini melewati proses anodisasi untuk membuat lapisan pelindung. Akhirnya, logo Apple dengan bahan stainless steel yang bersifat reflektif, bisa disematkan pada bagian tengah kotak.

Halaman:
Sumber GizChina


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com