Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER TEKNO] Bagaimana WhatsApp Bisa Disadap? | ChatGPT Salah Jawab dan "Nyolot" Saat Dikoreksi Pengguna

Kompas.com - 24/02/2023, 07:00 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

KOMPAS.com - Penyadapan akun WhatsApp bukanlah hal yang tidak mungkin terjadi, meskipun aplikasi ini dilindungi fitur keamanan. Namun, bagaimana akun WhatsApp bisa disadap? Penjelasan bagaimana WhatsApp bisa disadap menjadi salah stau berita teknologi populer.

Selain itu, harga iPhone 12 terbaru juga cukup banyak dibaca pembaca KompasTekno. Kini, iPhone 12 series di Indonesia sudah bisa didapatkan dengan harga mulai Rp 11 jutaan.

Ada pula soal ChatGPT yang "nyolot" saat jawabannya salah dan dikoreksi pengguna. Bagaimana ceritanya? Selengkapnya, berikut rangkuman berita teknologi terpopuler di kanal KompasTekno.

Baca juga: [POPULER TEKNO] Tecno Spark Go 2023 Resmi di Indonesia | 10 Fitur Tersembunyi WhatsApp

Bagaimanan WhatsApp bisa disadap?

WhatsApp dilindungi oleh sistem keamanan end-to-end encryption (E2EE). Sistem itu membuat orang lain tidak bisa mengintip isi percakapan pengguna, termasuk pihak WhatsApp.
Akan tetapi, meskipun sudah dibekali sistem keamanan E2EE, masih ada potensi WhatsApp disadap.

Penyadapan atau peretasan WhatsApp bisa terjadi saat orang lain berhasil mendapatkan data kredensial kode OTP (One Time Password), sebagaimana dilansir laman resmi FAQ WhatsApp.
Penjelasan lebih lanjut bisa disimak di artikel "Bagaimana WhatsApp Bisa Disadap? Begini Penjelasan dan Cara Mengatasinya".

Samsung Galaxy S23 series yang dibeli di Indonesia langsung dapat update software

Samsung Indonesia mulai mengirimkan unit Galaxy S23 Series kepada konsumen di Tanah Air. Pengiriman batch pertama dimulai pada 17 Februari lalu, sementara batch kedua akan dimulai pada Jumat (24/2/2023). Pengiriman ini akan dilakukan hingga Maret 2023 mendatang.

Kabar baiknya, Samsung Galaxy S23 series di Indonesia yang dikirim ke pembeli bakal angsung mendapatkan pembaruan update perangkat lunak (software) pertama.

Apa saja fitur yang dibawa update tersebut? Selengkapnya bisa disimak di artikel "Samsung Galaxy S23 Series yang Dibeli di Indonesia Langsung Dapat Update Software".

4 Laptop Acer Core i3 harga di bawah Rp 10 juta

Acer memiliki beberapa model laptop yang ditenagai prosesor Core i3. Laptop Acer Core i3 bisa dibeli dengan harga di bawah Rp 10 juta.

Beberapa model laptop masih tersedia dan bisa dibeli secara online di marketplace atau di gerai resmi Acer.

Nah, rekomendasi laptop Acer Core i3 bisa disimak di artikel "4 Laptop Acer Core i3 Harga di Bawah Rp 10 Juta".

Harga iPhone 12 baru resmi di Indonesia, kini mulai Rp 11 jutaan

Harga iPhone 12 versi “biasa” kondisi baru saat ini berkisar di angka Rp 11 jutaan untuk varian terendah. Harga iPhone 12 tersebut telah mengalami penurunan sejak Desember tahun lalu.

Pada Desember 2022, harga iPhone 12 terpantau masih berada di angka Rp 12 jutaan. Rincian harga iPhone 12 "reguler" di Indonesia terbaru bisa disimak di artikel "Harga iPhone 12 Baru Resmi di Indonesia, Sekarang mulai Rp 11 jutaan".


Saat ChatGPT salah jawab dan "nyolot" saat dikoreksi pengguna

Chatbot ChatGPT tengah populer saat ini. Layanan ini kini terintegrasi dengan search engine milik Microsoft, yakni Bing. Meski cerdas, chatGPT juga bisa melakukan kesalahan, bahkan "marah-marah" saat pengguna mengoreksi jawabannya yang salah.

Kejadian ini dialami seorang pengguna bernama Jon Uleis. Ia menceritakan pengalamannya saat chatGPT berubah "nyolot" dan "ngegas" ketika ditanya. Pengalaman tersebut ia tulis di Twitter melalui handle @MovingToTheSun.

Jon mengunggah beberapa screenshot yang membuktikan bahwa Bing melakukan kesalahan ketika ditanya-tanya terkait film terbaru bikinan James Cameron, "Avatar: The Way of Water".

Ketika ditanya terkait jadwal penayangan di bioskop terdekat, Bing malah menjawab film tersebut belum dirilis secara resmi. Padahal, tanggal pengguna menanyakan hal tersebut adalah 12 Februari 2023, sekitar dua bulan setelah "Avatar: The Way of Water" rilis di beberapa bioskop di dunia.

Bukan cuma salah menjawab, ChatGPT juga terkesan "nyolot" saat dikoreksi pengguna.
Cerita selengkapnya bisa disimak di artikel "Ketika ChatGPT Salah Jawab dan Marah-marah Dikoreksi Pengguna".

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com