Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Kirim WhatsApp tanpa Save Nomor dan Bukan Pakai Wa.me

Kompas.com - 25/02/2023, 12:05 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Untuk bisa saling mengirim pesan di WhatsApp, pengguna harus menyimpan nomor pengguna lain di kontak mereka. Perlu dipastikan juga bahwa nomor ponsel yang disimpan sudah terdaftar di WhatsApp.

Artinya, menyimpan nomor telepon menjadi aspek penting ketika seseorang menggunakan WhatsApp. Akan tetapi, menyimpan nomor kontak akan cukup merepotkan jika tujuannya hanya untuk komunikasi jangka pendek.

Ditambah nomor telepon yang disimpan adalah milik orang asing, bukan kerabat atau orang terdekat. Hal ini mungkin membuat sebagian pengguna merasa tidak nyaman, khususnya yang khawatir masalah privasi atau keamanan.

Baca juga: 10 Fitur Tersembunyi WhatsApp, Sudah Tahu?

Nah, ternyata pengguna tetap bisa mengirim pesan WhatsApp tanpa harus menyimpan nomor tersebut di kontak.

Syaratnya, pengguna lain harus terlebih dahulu mengirimkan nomor telepon seseorang untuk dihubungi. Ringkasnya, nomor ponsel tersebut bukan diketik sendiri, melainkan dikirim oleh akun lain.

Gambarannya seperti ini, pengguna A mengirimkan nomor ponsel seseorang ke pengguna B. Jika pengguna B tidak ingin menyimpan nomor tersebut, tetapi ingin langsung mengirim pesan, pengguna B bisa langsung mengeklik nomor yang barusan di kirim tadi.

Bila nomor telepon yang dikirim sudah terdaftar di WhatsApp, sistem akan memunculkan jendela baru bertuliskan “Chat with (phone number)” atau “Chat dengan (nomor ponsel)”.

Pengguna B bisa langsung mengirimkan pesan ke orang yang bersangkutan tanpa harus menyimpan nomor teleponnya.

Untuk lebih jelasnya, simak langkah-langkahnya berikut ini.

Cara chat di WhatsApp tanpa simpan nomor

Cara chat WhatsApp tanpa save nomorKOMPAS.com Cara chat WhatsApp tanpa save nomor

  • Buka aplikasi WhatsApp
  • Buka salah satu ruang obrolan
  • Pilih nomor akun lain yang sudah dikirimi pengguna lain
  • Klik nomor telepon tersebut, bila nomor sudah terdaftar di WhatsApp, akan muncul jendela baru bertuliskan “Chat with (nomor telepon)”, “Call on WhatsApp” atau “Add to Contact”. Pilih “Chat with (nomor telepon)”.
  • Setelah itu, pengguna bisa mengirimkan pesan. Sebaliknya, jika ingin melakukan panggulan suara, bisa pilih “Call on WhatsApp”.

Hal serupa juga bisa dilakukan melalui WhatsApp web ataupun WhatsApp desktop. Hanya saja perbedaannya, versi web dan desktop tidak memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan suara.

Panggilan suara baru bisa dilakukan setelah pengguna menyimpan nomor telepon orang yang bersangkutan.

Baca juga: Bagaimana WhatsApp Bisa Disadap? Begini Penjelasan dan Cara Mengatasinya

Cara chat WhatsApp tanpa save nomorKOMPAS.com Cara chat WhatsApp tanpa save nomor

Selain cara di atas, terdapat cara lain juga yang memungkinkan pengguna mengirim pesan tanpa menyimpan nomor. Hal ini bisa dilakukan ketika pengguna lain mengirimkan nomor kontak seseorang dalam bentuk “Contact Card” atau “Kartu Kontak”.

“Contact Card” bukan berupa nomor telepon saja, melainkan profil dari akun WhatsApp seseorang.

Apabila ingin menyimpan kontak tersebut terlebih dahulu klik "Add contact", sedangkan jika ingin langsung mengirimkan pesan tanpa menyimpan nomor telepon, pilih "Message".

Perlu diingat, untuk mengikuti langkah-langkah di atas, Anda harus mendapatkan nomor telepon atau kartu kontak yang dikirimi oleh pengguna lain. Cara tersebut tidak berlaku untuk nomor telepon yang diketik sendiri.

Bagi yang belum familier, cara mengirimkan kartu kontak adalah dengan mengeklik logo penjepit kertas di ruang obrolan, pilih “Contact”, tulis nama kontak yang ingin dikirim. lalu klik tanda panah samping di bawah, klik lagi “Send”. Selamat mencoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com