Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi 13 Lite Meluncur dengan "Dynamic Island" ala iPhone 14 Pro

Kompas.com - 27/02/2023, 09:03 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Xiaomi resmi memperkenalkan Xiaomi 13 Lite. Ponsel ini punya "Dynamic Island" ala iPhone 14 Pro.

Dynamic Island sendiri adalah "poni" berbentuk pil yang menampung kamera depan. Dynamic Island di iPhone bisa menampilkan beragam fungsi dan ukurannya bisa menyesuaikan dengan fungsi yang ditampilkan, misalnya menampilkan notifikasi.

Sementara "Dynamic Island" di Xiaomi 13 Lite ini belum diketahui apakah bentuknya juga bisa dinamis seperti milik iPhone atau tidak. Bentuk modul kamera selfie milik Xiaomi 13 Lite ini juga tampak lebih kecil dari iPhone 14 Pro.

Di dalam modul berbentuk pil tersebut, terdapat dua kamera selfie yang masing-masing beresolusi 32 MP dan 8 MP (depth sensor). 

Baca juga: Lei Jun Minta Fans Jangan Tunggu Xiaomi 13S

Xiaomi 13 Lite sebenarnya adalah "kembaran" dari Xiaomi Civi 2 yang dirilis khusus untuk pasar China. Nama yang berbeda diusung untuk hadir di pasar global.

Secara desain, Xiaomi 13 Lite mengusung layar melengkung (curved) AMOLED 6,55 inci dengan resolusi Full HD Plus dan refresh rate 120 Hz. Layar ini memiliki tingkat kecerahan hingga 1.000 nits dan sudah dilapisi dengan kaca pelindung Gorilla Glass 5. 

Ilustrasi layar bagian depan Xiaomi 13 Lite yang menyerupai iPhone 14 Pro.GSMArena Ilustrasi layar bagian depan Xiaomi 13 Lite yang menyerupai iPhone 14 Pro.
Beralih ke bagian punggung Xiaomi 13 Lite, di sisi ini terdapat modul kamera yang bentuknya menyerupai Xiaomi 12 Series. Di dalam modul kamera ini terdapat tiga kamera yang masing-masing memiliki resolusi 50 MP (Sony IMX766), 8 MP (ultrawide), dan 2 MP (macro).

Untuk sektor hardware, Xiaomi13 Lite ditenagai chipset Snapdragon 7 Gen 1 yang dipadukan dengan RAM 8 GB dan dua opsi media penyimpanan (storage) 128 GB/256 GB.

Baca juga: 4 Cara Mengatasi HP Xiaomi yang Bootlop

Ponsel ini dibekali dengan baterai dengan kapasitas 4.500 mAh dan didukung teknologi pengisian cepat 67 watt. Xiaomi mengeklaim ponsel ini bisa diisi dayanya secara penuh dalam waktu sekitar 40 menit. 

Kemudian untuk sektor software, Xiaomi 13 Lite menjalankan sistem operasi Android 12 yang dipoles dengan tampilan antarmuka (UI) MIUI 14, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSMArena, Senin (27/2/2023). 

Fitur pendukung lainnya yang ada di ponsel ini mencakup dukungan konektivitas 5G, WiFi 6, Bluetooth 5.2, NFC, dan Dolby Atmos untuk meningkatkan kualitas audio dari speaker ponsel.

Harga Xiaomi 13 Lite

Di pasar global, Xiaomi 13 Lite dijual dengan harga termurah 499 euro (sekitar Rp 8 juta) untuk varian termurah 8 GB/128 GB. Belum diketahui apakah ponsel ini akan menyambangi pasar Indonesia atau tidak. Kita nantikan saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com