Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nokia Tetap Pakai Logo Lama di Produk Smartphone dkk

Kompas.com - 28/02/2023, 13:15 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Nokia memperbarui logonya setelah sekitar nyaris 60 tahun. Logo baru itu kini menampilkan tulisan Nokia yang lebih segar dan modern.

Selain itu, desain logo ini juga bisa dipadukan dengan warna yang berbeda dari logo sebelumnya, tidak terpaku pada warna biru yang melekat di Nokia sejak dahulu. 

Menurut Nokia, logo baru ini ditujukan untuk mencerminkan identitas perusahaan yang memiliki strategi baru supaya menjadi sebuah perusahaan yang lebih menguntungkan di industri teknologi dan telekomunikasi seluler. 

Seperti diketahui, Nokia dikenal sebagai produsen alat atau infrstruktur yang menunjang teknologi telekomunikasi seluler macam base transceiver station (BTS).

Baca juga: Nokia Kenalkan Logo Baru Setelah Hampir 60 Tahun

Selain infrastruktur seluler, Nokia juga dikenal merupakan merek yang hadir di beberapa produk elektronik seperti handphone (HP), earphone, hingga speaker.

Lantas, apakah produk-produk ini akan menggunakan logo Nokia baru? Sepertinya tidak.

Pasalnya, Nokia mengonfirmasi bahwa logo lawas mereka akan tetap digunakan di berbagai produk yang menggunakan merek Nokia.

Hal ini disampaikan analis utama dari perusahaan riset CCS Insight, Ben Wood melalui sebuah postingan Twitter dengan handle @benwood.   

"Berdasarkan keterangan resmi Nokia yang saya dapat, ke depannya, logo Nokia lawas akan tetap digunakan di berbagai produk elektronik bermerek Nokia," ujar Ben, dikutip KompasTekno dari Twitter.com, Selasa (28/2/2023).

"Menurut Nokia, logo klasik ini cocok sebagai identitas produk bermerek Nokia yang fokus pada konsumen, mengingat sejarah dan identitas logo tersebut yang sudah dikenal pasar," imbuh Ben.

Baca juga: Nokia C22 dan C32 Meluncur, Baterai Diklaim Tahan 3 Hari

Dengan kata lain, HP Nokia, baik itu smartphone atau feature phone yang kini dibuat di bawah HMD Global, akan tetap menggunakan logo Nokia lawas. 

Selain itu, perusahaan lain yang memiliki lisensi merek Nokia, seperti RichGo (earphone), Flipkart (Smart TV), StreamView (perangkat streaming), hingga Off Global (laptop), juga bakal menggunakan logo Nokia lawas pada produk-produk buatan mereka. 

Adapun logo baru Nokia kemungkinan bakal muncul di produk atau layanan telekomunikasi seluler yang diproduksi oleh Nokia Corporation yang berbasis di Finlandia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gizmochina


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com