Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PeduliLindungi Berubah Jadi SatuSehat Mobile per 1 Maret 2023

Kompas.com - 28/02/2023, 14:09 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Aplikasi PeduliLindungi sedianya ditargetkan bertransformasi menjadi aplikasi dengan nama baru, yaitu "SatuSehat Mobile" per hari ini, Selasa (28/2/2023). Namun, jadwal tersebut dipastikan mundur.

Deputi Chief Digital Transformation Office (DTO) Kemenkes Agus Rachmanto mengungkapkan, transformasi aplikasi PeduliLindungi menjadi aplikasi SatuSehat Mobile mundur menjadi besok, Rabu 1 Maret 2023.

Aplikasi PeduliLindungi, menurut Agus, akan secara otomatis berubah sehingga pengguna tidak perlu mengunduh ulang aplikasi SatuSehat Mobile.

"Masyarakat tinggal tunggu nanti di tanggal 1 Maret 2023, aplikasi (PeduliLindungi) akan berubah sendiri," kata Agus, sebagaimana dikutip KompasTekno dari Antaranews, Selasa (28/2/2023). 

Baca juga: Aplikasi PeduliLindungi Besok Berganti Jadi SatuSehat, Apa Itu?

Selama tiga tahun terakhir, aplikasi PeduliLindungi digunakan untuk membantu melacak penyebaran Covid-19. Namun, besok, PeduliLindungi dijadwalkan bakal berganti nama dan diperluas fungsinya.

Setelah berubah menjadi SatuSehat Mobile, aplikasi ini bakal menyediakan layanan kesehatan yang lebih luas. Salah satunya adalah mengintegrasikan data rekam medis pengguna dan data layanan kesehatan lainnya, tidak hanya berkaitan dengan Covid-19.

Rekam medis dalam aplikasi Satu Sehat nanti termasuk berbagai rekam vaksinasi, hasil pemeriksaan laboratorium, dan basis data stunting.

Ini akan memudahkan tenaga medis perihal penyimpanan dan pertukaran data kesehatan lebih efektif dan efisien.

Di sisi lain, SatuSehat Mobile juga diharapkan bisa mempermudah masyarakan dalam menyusun data kesehatannya secara ringkas dan lebih rapi.

Pasalnya, lewat aplikasi ini, masyarakat bisa melihat data seperti sertifikat vaksinasi, imunisasi anak, dan pencatatan jenis obat yang dikonsumsi.

Kemenkes jamin keamanan data

Agus mengatakan, seluruh data masyarakat yang diintegrasikan dalam SatuSehat Mobile disebut telah dipastikan keamanannya.

Hal itu berkat kerja sama dengan sejumlah pihak, seperti Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) serta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), dalam melakukan sertifikasi aplikasi, menentukan bentuk sistem keamanan, tata kelola teknologi, serta register manajemen dan sumber daya manusianya.

Baca juga: Aplikasi PeduliLIndungi Error, Coba Mode Pesawat untuk Masuk dan Scan QR Code

Agus mengatakan, pengguna tidak perlu mengunduh ulang aplikasi SatuSehat Mobile. Sebab, menurut Agus, per tanggal 1 Maret, aplikasi PeduliLindungi yang sudah terinstal di gawai pengguna akan secara otomatis berubah menjadi SatuSehat Mobile.

Nasib PeduliLindungi

Lantas, bagaimana nasib PeduliLindungi? Menurut Agus, PeduliLindungi akan dikembangkan sebagai layanan kesehatan dengan sebutan Citizen Health Apps.

Dalam menjalankan fungsinya, PeduliLindungi akan dilebur ke dalam aplikasi SatuSehat Mobile. Fungsinya tak hanya soal Covid-19, tetapi juga terkait imunisasi bagi anak atau penyakit lainnya.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com