Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Asus Masih Pakai RAM Jenis Lama di Laptop Gaming Terbaru

Kompas.com - 28/02/2023, 16:03 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Asus meluncurkan laptop terbarunya, yaitu Asus TUF Gaming 2023 di Indonesia, Selasa (28/2/2023).

Asus TUF Gaming 2023 merupakan penerus dari laptop TUF Gaming 2022 yang sudah diluncurkan pada Maret 2022 lalu. Model yang kini dihadirkan adalah Asus TUF Gaming F15 dan F17. Sebagai penerus, laptop tersebut tentunya hadir dengan sejumlah peningkatan.

Misalnya, prosesor Intel Core generasi ke-13 yaitu i9-13900H, kartu grafis (GPU) dengan opsi Nvidia GeForce RTX 4050 dan 4060, memiliki layar 100 persen sRGB, dan masih banyak lagi.

Kendati demikian, jenis RAM (memori) yang disematkan justru mengalami penurunan. Sebelumnya, TUF Gaming 2022 menggunakan RAM LPDDR 5 SO-DIMM, tetapi kini TUF Gaming 2023 justru menggunakan LPDDR4 jenis SO-DIMM.

Baca juga: Asus Umumkan Jajaran Laptop Gaming dengan Prosesor Intel Core Generasi Ke-13 di Indonesia

Technical Public Relation Asus Indonesia, Riandanu Madi Utomo yang sedang memperkenalkan enam laptop gaming terbaru dari Asus dalam sebuah acara media gathering di Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (28/2/2023)KOMPAS.com Technical Public Relation Asus Indonesia, Riandanu Madi Utomo yang sedang memperkenalkan enam laptop gaming terbaru dari Asus dalam sebuah acara media gathering di Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (28/2/2023)
Menurut Technical Public Reltion Asus Indonesia, Riandanu Madi Utomo, penurunan jenis RAM yang dipakai TUF Gaming 2023 dilakukan untuk menjawab sejumlah keluhan dari para gamers.

Seperti yang diketahui, TUF Gaming sendiri merupakan laptop gaming entry-level yang ditargetkan untuk gamers pemula. Saat meluncurkan TUF Gaming 2022 tahun lalu, pengguna mengeluhkan bahwa harga RAM jenis LPDDR5 masih mahal di pasaran.

“Karena pengguna TUF itu bisa dibilang pengguna pemula, di entry-level. Mungkin budget-nya tidak sebanyak orang yang beli ROG high-end (kelas atas). Jadi, untuk upgrade mereka lebih memilih menggunakan LPDDR4," ujar pria yang akrab di sapa Danu kepada KompasTekno dalam acara media gathering yang digelar di Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (28/2/2023).

"(Kami) mengikuti permintaan pasar,” lanjut Danu.

Asus pun menurunkan jenis RAM yang digunakan dari LPDDR5 menjadi LPDDR4. Hal ini juga dinilai dapat memudahkan para gamers pemula yang ingin melakukan upgrade pada laptopnya.

“Tahun lalu, ada banyak masukan dari gamer yang menggunakan (laptop) TUF. Harga dari LPDDR5 masih mahal, mereka kesulitan untuk upgrade,” tambah Danu.

LPDDR sendiri adalah jenis RAM yang khusus dirancang untuk perangkat mobile seperti laptop.

LPDDR adalah kependekan kata dari Low-Power DDR. Jenis memori ini mempunyai konsumsi daya yang rendah dibandingkan DDR.

Baca juga: Asus Mulai Seriusi Pasar Laptop Komersial di Indonesia

Spesifikasi dasar Asus TUF Gaming F15 dan F17

Asus memperkenalkan laptop gaming entry-levelnya yang bernama Asus TUF Gaming 2023 dalam sebuah acara media gathering di Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (28/2/2023)Asus Indonesia Asus memperkenalkan laptop gaming entry-levelnya yang bernama Asus TUF Gaming 2023 dalam sebuah acara media gathering di Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (28/2/2023)
Asus TUF Gaming hadir dengan dua model, yaitu F15 dan F17. Penambahan angka di belakang nama model ditujukan untuk membedakan ukuran layar. TUF Gaming F15 memiliki layar seluas 15 inci, sedangkan F17 hadir dengan layar berdiagonal 17 inci.

Walau memiliki ukuran layar yang berbeda, duo laptop ini datang dengan spesifikasi yang serupa. Misalnya, kompak memiliki resolusi layar Full HD, 100 persen sRGB, dan memiliki refresh rate 144 Hz,

Di segi performanya, duo laptop tersebut ditenagai oleh prosesor Intel Core i9-13900H dan opsi chip grafis dari Nvidia GeForce RTX 4050 atau 4060. Seperti yang sudah disebut di atas, prosesor perangkat dipadu dengan RAM LPDDR4 SO-DIMM.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com