Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER TEKNO] Arti "Blush On" yang Viral di TikTok | Mengapa ChatGPT Terancam Diblokir di Indonesia?

Kompas.com - 01/03/2023, 07:00 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

KOMPAS.com - Baru-baru ini, kata "blush on" sedang viral di media sosial TikTok. Arti "blush on" bukan lah produk komestik seperti yang umum diketahui. Lantas, apa maknanya? Makna kata blush on menjadi salah satu berita teknologi populer KompasTekno.

Selain itu, ada pula alasan mengapa ChatGPT terancam diblokir di Indonesia. Potensi pemblokiran ini terkait dengan aturan Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) yang disahkan tahun lalu.

Berikut rangkuman berita teknologi populer di KompasTekno.

Baca juga: [POPULER TEKNO] Apa Itu Aplikasi SatuSehat Pengganti PeduliLindungi? | Logo Baru Nokia

Arti blush on yang viral di TikTok

Kata blush on belakangan viral di TikTok. Kata tersebut bukan merujuk pada produk komestik, seperti yang diketahui secara umum. Namun, arti blush on lebih bermakna hal yang membuat seseorang tersipu malu.

Kondisi tersipu malu hingga wajah memerah bisa ditimbulkan oleh beberapa faktor, salah satunya seperti saat berhadapan dengan kekasih hati atau orang yang disukai. Dengan konteks seperti itu, oleh beberapa pengguna, blush on dipakai sebagai kata ganti kekasih atau seseorang yang disukai.

Penjelasan selengkapnya bisa disimak di artikel "Bukan Kosmetik, Ini Arti Kata “Blush On” yang Tengah Viral di TikTok".

Alasan ChatGPT terancam diblokir

Chatbot ChatGPT kini tengah "naik daun". Akan tetapi, ChatGPT berpotensi terancam diblokir di Indonesia. Ancaman itu muncul lantaran hingga saat ini, ChatGPT maupun perusahaan pengembangnya, OpenAI belum mendaftarkan diri sebagai PSE Lingkup Privat di Kominfo.

Aturan kewajiban pendaftaran PSE Lingkup Privat mulai berlaku sejak tahun 2022 lalu. Penjelasan alasan selengkapnya bisa disimak di artikel "Mengapa ChatGPT Berpotensi Diblokir di Indonesia?".

Samsung Galaxy A14 4G meluncur

Samsung resmi meluncurkan ponsel entry-level Galaxy A14 5G pada Januari lalu. Kini, perusahaan asal Korea Selatan itu mengumumkan kehadiran varian 4G dari ponsel tersebut, yang diberi nama Galaxy A14 4G.

Desain Galaxy A14 4G identik dengan Galaxy A14 5G, yakni memiliki cangkang dengan nuansa kesat yang warna-warni. Menariknya, ponsel ini kemungkinan besar juga akan segera masuk ke pasar Indonesia.

Spesifikasi dan desainnya bisa disimak di artikel "Samsung Resmikan Galaxy A14 4G, Segera Masuk Indonesia?".


5 Game PS5 yang layak ditunggu

Sony PlayStation menggelar acara virtual bertajuk "State of Play" pada Februari 2023 ini. Dalam ajang ini, Sony biasanya memamerkan game-game terbaru yang bakal dirilis di PlayStation.

Di State of Play Februari 2023 kali ini, Sony ada sejumlah game andalan konsol PlayStation 5 (PS5) yang diumumkan. Berdasarkan pengamatan KompasTekno ada lima game PS5 yang bisa dibilang layak untuk dinanti.

Selengkapnya, bisa disimak di artikel "5 Game PS5 yang Layak Tunggu, Meluncur Tahun Ini".

9 Fitur baru Android

Google mengumumkan sembilan fitur baru untuk perangkat dengan sistem operasi (OS) berbasis Android. Serangkaian fitur baru ini diperkenalkan dalam ajang tahunan Mobile World Congress (2023) di Barcelona.

Kesembilan fitur ini akan digelontorkan secara bertahap. Empat fitur pertama dirilis mulai 27 Februari 2023, sementara lima fitur lainnya akan rilis dalam beberapa waktu mendatang.

Daftar lengkap kesembilan fitur ini bisa disimak di artikel "Google Umumkan 9 Fitur Baru di Android, Ada Peredam Bising untuk Meeting".

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com