Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna di Bawah 18 Tahun Cuma Bisa Main TikTok 1 Jam Sehari

Kompas.com - 02/03/2023, 11:15 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - TikTok mengumumkan sejumlah fitur baru yang mengatur batas waktu penggunaan TikTok (screen time limit) untuk pengguna remaja di bawah 18 tahun.

Dalam laman TikTok Newsroom, TikTok mengumumkan, dalam beberapa minggu ke depan, screen time limit harian untuk setiap akun pengguna di bawah 18 tahun akan secara otomatis disetel ke 60 menit.

Artinya, pengguna hanya disarankan untuk scrolling TikTok selama 1 jam setiap harinya.

Kebijakan screen time limit menjadi 1 jam sehari ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan digital (digital well-being) pengguna remaja.

Maksudnya, agar pengguna lebih memperhatikan keseimbangan antara jumlah waktu yang dihabiskan di layar ponsel (dalam kasus ini scrolling TikTok) dan di kehidupan nyata.

Baca juga: Cara Menghubungkan Akun Tiktok dengan Instagram

TikTok mengatakan, batas waktu penggunaan TikTok selama 60 menit per hari bagi pengguna di bawah 18 tahun itu dipilih berdasarkan hasil konsultasi dengan peneliti akademik dan pakar dari Digital Wellness Lab di Rumah Sakit Anak Boston.

Bisa dinonaktifkan dan tambah screen time

Lantas, apakah pengguna remaja tidak bisa membuka TikTok lagi bila sudah scrolling TikTok selama 1 jam sehari? Jawabannya adalah tidak.

Meski TikTok otomatis menyetel batas screen time ke 60 menit, pengguna remaja tetap bisa mematikan (opt-out) fitur screen time ini di menu "Settings and privacy".

TikTok otomatis setel batas waktu penggunaan TikTok selama 60 menit (1 jam) untuk pengguna remaja.TikTok Newsroom TikTok otomatis setel batas waktu penggunaan TikTok selama 60 menit (1 jam) untuk pengguna remaja.
Untuk pengguna remaja yang berusia di bawah 13 tahun, batas waktu layar harian juga akan disetel menjadi 60 menit.

Nantinya, jika batas screen time 60 menit sudah tercapai, orang tua atau wali harus menyetel atau memasukkan kode sandi yang ada untuk mengaktifkan waktu menonton tambahan selama 30 menit.

Pengguna remaja juga akan diminta untuk memasukkan kode sandi agar dapat terus scrolling TikTok, bila batas scree time 1 jam sudah tercapai.

Langkah ini mengharuskan mereka membuat keputusan aktif untuk memperpanjang waktu penggunaan TikTok.

Penelitian menunjukkan, lebih sadar tentang bagaimana menghabiskan waktu kita dapat membantu kita lebih berhati-hati dalam mengambil keputusan.

Baca juga: Instagram Batasi Interaksi Pengguna Dewasa dengan Remaja di Bawah Umur

Jadi, TikTok tetap mendorong remaja untuk menyetel batas waktu layar harian, jika mereka memilih keluar dari default 60 menit dan menghabiskan lebih dari 100 menit di TikTok dalam sehari.

Saat ini, fitur screen time di TikTok sebenarnya hadir untuk seluruh pengguna, bukan untuk pengguna remaja saja.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com