Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi Ramai Cek Arsip Story Instagram Sepanjang Waktu, Begini Caranya

Kompas.com - 02/03/2023, 16:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Media sosial Instagram atau biasa disingkat IG memiliki segudang fitur berbagi konten yang menarik. Salah satunya yang tak asing lagi adalah Story atau Stories. Lewat Story IG, pengguna bisa membagikan konten berdurasi hingga 60 detik.

Beda dengan unggahan Feed, konten Story tidak akan ditayangkan selamanya. Story IG bakal hilang secara otomatis setelah 24 jam ditayangkan. Story IG cocok dipakai buat membagikan secara cepat momen atau pengalaman yang tengah terjadi.

Baca juga: Perbandingan Centang Biru Instagram dan Facebook Berbayar dengan Twitter Blue

Story IG dibekali dengan beberapa fitur tambahan yang dapat meningkatkan pengguna dalam berbagi dan mengelola konten. Fitur tersebut salah satunya seperti yang tengah ramai dibicarakan di media sosial belakangan ini.

Dalam salah satu twit dari akun base dengan handle @convomfs tersebut, tampak cukup ramai pengguna membagikan tangkapan layar kumpulan Story IG yang pernah diunggah sepanjang waktu.

Untuk diketahui, kumpulan Story IG tersebut bisa dilihat kembali lantaran menggunakan fitur Archive atau Arsip. Seperti yang sempat dijelaskan di atas, Story IG pada dasarnya bakal hilang secara otomatis setelah 24 jam ditayangkan.

Akan tetapi, Story IG masih bisa dilihat kembali apabila pengguna sebelumnya telah mengarsipkan atau menyimpannya dengan menggunakan fitur Archive. Saat telah tayang, pengguna bisa memilih opsi Archive di menu pengaturan pada halaman Story IG.

Ketika masa tayang telah habis, Story IG biasanya juga secara otomatis bakal diarsipkan. Lantas, bagaimana cara melihat arsip Story IG? Cara melihat arsip Story IG bisa dibilang tidaklah sulit. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah cara melihat arsip Story IG.

Cara melihat arsip Story IG

  • Buka halaman profil Instagram.
  • Klik ikon garis tiga bertumpuk yang terletak di pojok kanan atas halaman profil.
  • Selanjutnya, pilih menu “Archive” atau “Arsip”.
  • Kemudian, daftar Story IG yang pernah diunggah dan diarsipkan bakal muncul.
  • Ketuk ikon kalender untuk melihat arsip dari Story IG yang pernah dibagikan di tiap tanggalnya.

Ilustrasi cara melihat arsip Story IG yang tengah ramai di medsos.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara melihat arsip Story IG yang tengah ramai di medsos.

Lewat daftar tersebut, pengguna bisa melihat Story IG yang pernah dibagikan sepanjang waktu, baik di periode baru-baru ini atau sudah lampau. Cukup mudah bukan cara melihat arsip Story IG?

Sebagai informasi tambahan, selain melihat daftar Story IG yang pernah dibuat, pengguna bisa memutar kembali konten tersebut. Kemudian, pengguna juga dapat membagikan kembali konten Story IG yang telah diarsipkan atau memasukkannya ke Sorotan (Highlight).

Baca juga: Cara Mengirim Foto Sekali Lihat di DM Instagram dengan Mudah

Untuk membagikan kembali atau memasukkan ke Sorotan, caranya silakan buka Story IG yang diarsipkan. Lalu, pilih opsi “Bagikan” atau “Sorot”. Demikianlah cara melihat arsip Story IG sepanjang waktu yang tengah ramai dibicarakan di media sosial, selamat mencoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com