Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

YouTuber Ungkap Pendapatan Sebulan dari Video Shorts

Kompas.com - 03/03/2023, 11:41 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - YouTuber dimungkinkan untuk monetisasi konten video pendek, Shorts, per 1 Februari lalu. Lantas, berapa penghasilan yang bisa didapat YouTuber dari konten Shorts?

Salah satu YouTuber kenamaan bernama Zach King pun berbagi jumlah pendapatan yang ia terima dari konten Shorts.

Pendapatan yang diraupnya diungkap melalui akun Twitter dengan handles @zachking dengan menyertakan gambar tangkapan layar (screenshot).

Baca juga: Video YouTube Shorts Bisa Diduitin Mulai 1 Februari

Dari laporan tersebut, King memiliki jumlah views sebanyak 196,4 juta dan menerima keuntungan sekitar 2.918 dollar AS (Rp 44,61 juta, kurs Rp 15.290).

Hasil yang didapatkan tidak bisa dikatakan sebagai “keuntungan”. Sebab, per 1.000 views (penonton) hanya dihitung 0,02 dollar AS (Rp 305,81 rupiah) saja.

Kendati begitu, King menilai bahwa keuntungan yang dihasilkan ini jauh lebih menguntungkan ketimbang monetisasi konten di TikTok ataupun Instagram.

“Bulan pertama di program #YouTubeShorts sudah usai, inilah pendapatan saya. Sebagai konteks, (angka) ini dua kali lebih baik dibanding monetisasi di TikTok dan jauh lebih baik daripada monetisasi di Instagram,” tulis King.

Baca juga: Durasi Musik YouTube Shorts Diperpanjang hingga 60 Detik

Tak sebanding?

Terlepas dari hal itu, King berusaha “tutup mata” bahwa sebenarnya hasil yang ia terima tidak sebanding dengan jumlah views yang ia dapatkan.

Ia berusaha melihat dari sisi positif. Bahkan, ia juga optimis bahwa program monetisasi di YouTube bakal tumbuh positif dan menguntungkan YouTuber.

“Ketika saya melihat (jumlah views) yang nyaris 197 juta per bulan. Saya tidak melihat pendapatan yang saya terima dari platform (YouTube), saya melihat exposure (jumlah konten yang dilihat), CPM (cost per mille) saya, dan biaya yang harus didapatkan” jelas King.

“Saat ini, hasil yang didapatkan mungkin rendah dibanding exposure (yang didapatkan). Yang mana ini memang bukan tentang hasil yang diterima. Ini tentang membangun sebuah brand (di kanal YouTube).

Tebakan saya, monetisasi YouTube akan tumbuh perlahan di masa mendatang dan menguntungkan kreator. Namun, exposure dan angka seperti ini mungkin akan sulit untuk dicapai,” tutup King.

Di satu sisi, model bisnis ini dinilai cukup baik. YouTube membayar Youtuber miliaran dollar AS setiap tahunnya melalui program YouTube Partner Program. Sementara itu, Shorts dijadikan sebagai wadah untuk terus menyajikan konten menarik sesuai minat pengguna.

Jadi, menggabungkan keduanya melalui program monetisasi memungkinkan YouTube mengalami pertumbuhah yang lebih signifikan.

Syarat dan skema bagi hasil

Ilustrasi. Ilustrasi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com