Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsol Lawas PS3 Masih Dapat Update dari Sony

Kompas.com - 03/03/2023, 13:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Gamespot

KOMPAS.com - Meski PlayStation 3 (PS3) kudu sudah tergolong sebagai konsol lawas, namun Sony masih peduli dengan konsol yang satu ini. 

Raksasa elektronik Jepang itu meluncurkan pembaruan (update) firmware terbaru untuk PS3 pada Selasa (28/2/2023). Update PS3 versi 4.90 bertujuan untuk meningkatkan kinerja sistem konsol yang sudah berusia 17 tahun itu.

Update yang membutuhkan ruang seluas 200 MB yang berfungsi untuk meningkatkan keamanan akun PlayStation Network. Update firmware 4.90 ini juga dirilis setelah hampir enam tahun konsol PS3 berhenti dipasarkan.

Baca juga: Microsoft Bujuk Pemilik PS3 Beli Xbox One

Perlu dicatat pula bahwa saat ini, sudah tidak ada lagi game baru yang digarap untuk konsol generasi ketiga besutan Sony ini. Game terakhir yang diluncurkan di PS3 adalah Shakedown: Hawaii yang dirilis Agustus 2020 lalu.

Firmware versi 4.90 nantinya akan terunduh secara otomatis ketika konsol PS3 terhubung dengan internet. Pengguna harus memastikan sudah mengaktifkan opsi "Update via Internet" setelah membuka opsi pengaturan dan "System Update".

Cara lainnya, pengguna dapat mengunduh firmware terbaru dari situs resmi PlayStation. Buatlah folder bernama "PS3" dalam USB drive dengan format FAT32.

Buka folder tersebut dan buat folder baru bernama "UPDATE", kemudian pindahkan firmware yang sudah diunduh ke dalam folder tersebut dengan nama "PS3UPDAT.PUP".

Terakhir, pengguna perlu menghubungkan USB device dengan konsol PS3, kemudian mengakses opsi pengaturan, diikuti "System Update" dan "Update via Storage Media".

Baca juga: PlayStation 3 Resmi Berakhir Setelah 11 Tahun

Jika dilihat dari polanya, Sony merilis update firmware PS3 kurang lebih setahun sekali, setidaknya dilihat dari versi 4.87 (5 Desember 2020), 4.88 (1 Juni 2021), 4.89 (10 Mei 2022), dan kini 4.90 (28 Februari 2023).

Alasan Sony masih update PS3

PlayStation 3 Super SlimSony PlayStation 3 Super Slim

Diluncurkannya deretan pembaruan firmware PS3 oleh Sony bukan tanpa alasan. Pasalnya, PS3 masih digunakan bahkan 17 tahun setelah dirilis karena banyaknya game yang hanya bisa dimainkan di konsol tersebut.

Baca juga: Sony Bakal Rilis PlayStation 6 Tahun 2027?

PS3 juga dapat dimanfaatkan untuk bermain game PS1 dan PS2 karena adanya fitur backward compatibility sebagaimana dicatat KompasTekno dari Game Rant, Jumat (3/3/2023).

Hal ini berbeda dengan PS4 yang tidak mendukung fitur backward compatibility. Konsol PS5 sebenarnya memiliki fitur tersebut, tetapi hanya terbatas untuk game PS4 saja.

Apabila ingin memainkan game lawas dari konsol PS2, PS3, dan PS4, pengguna harus berlangganan layanan berbayar PlayStation Now. Adapun layanan ini menawarkan fitur streaming untuk lebih dari 700 game konsol Sony yang lawas.

Selain variasi game, konsol PS3 masih digunakan karena mudahnya pembelian game digital di PlayStation Store.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gamespot
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com