Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video YouTube Ini Bikin HP Pixel Crash

Kompas.com - 04/03/2023, 10:01 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pengguna ponsel Pixel berhati-hatilah. Sebab, baru-baru ini dilaporkan ada konten atau video YouTube yang bisa membuat ponsel Android Pixel crash.

Hal ini pertama kali dilaporkan oleh seorang pengguna forum Reddit pada 25 Februari lalu.

Dalam postingannya, seorang pengguna dengan handle OGPixel5 melaporkan bahwa ponsel Google Pixel 7 Pro miliknya mengalami crash dan soft reboot ketika mengakses video YouTube bertajuk "Alien 4K HDR | Get Out of There".

Pengguna Reddit lainnya pun ikut melaporkan bahwa perangkatnya tidak dapat membuka klip film Alien tersebut.

Baca juga: Ada Bug, Game di Android 12 Mendadak Crash

Para pengguna mengatakan bahwa ponsel mereka tiba-tiba restart dengan sendirinya. Ponsel kemudian sempat mengalami masalah konektivitas setelah reboot.

Masalah konektivitas ini berlangsung selama beberapa menit, dan biasanya pengguna harus melakukan full reboot agar koneksi menjadi normal.

"Bug ini mengacaukan ponsel saya selama 5 menit. Jaringan seluler tidak mau terhubung. (Saya) harus melakukan reboot lagi," tulis pengguna dengan handle Cour000.

Kebanyakan HP Android yang mengalami masalah saat menonton video tersebut adalah Pixel 7, Pixel 7 Pro , Pixel 6, Pixel 6 Pro, dan Pixel 6A.

Namun, tidak semua pengguna ponsel lini Pixel di atas mengalami hang ketika mengakses video YouTube itu.

"Ponsel Pixel 7 Pro saya dengan Android 13 QPR2 Beta 3.2 dapat mengakses video tersebut tanpa masalah," kata pengguna dengan handle Motoridersd.

Ponsel dari vendor smartphone lainnya, tampak tidak terdampak oleh bug tersebut. Lantas, apa penyebabnya?

Baca juga: Viral Foto Danau Bikin Ponsel Android Crash, Inikah Sebabnya?

Dirangkum KompasTekno dari 9to5Google, Jumat (3/3/2023), bug yang terjadi ini kemungkinan memiliki keterkaitan dengan color space (ruang warna). Sistem pada ponsel Pixel tersebut "salah" membaca ruang warna video sehingga akhirnya mengalami crash.

Pihak Google sendiri sudah mengetahui masalah ini dan akan merilis update untuk mengatasi bug tersebut pada Maret ini. Namun, Google tidak menjelaskan penyebab terjadinya crash di sejumlah ponsel Android tersebut.

Pernah terjadi pada 2020

Hal serupa pernah terjadi pada 2020 lalu. Bedanya, yang menyebabkan ponsel Android crash bukanlah video YouTube, melainkan sebuah wallpaper.

Bug ini tidak hanya terjadi pada ponsel Pixel, melainkan sebagian besar ponsel Android. Penyebabnya juga serupa, ada teori yang mengatakan bahwa crash tersebut disebabkan spektrum warna foto.

Wallpaper berupa foto pemandangan tersebut dilaporkan memiliki color space (ruang warna) yang lebih besar daripada foto pada umumnya. Ketika foto dipasang menjadi wallpaper, hal ini lantas dapat membuat UI System pada ponsel menjadi crash.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com