Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Sistem Bilangan Biner di Komputer dan Fungsinya

Kompas.com - 05/03/2023, 03:00 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Dalam dunia pemrograman sistem bilang biner merupakan dasar dari semua sistem dan operasi komputasi. Maka dari itu seorang programmer tentu tak asing dengan istilah biner dalam mengembangkan berbagai aplikasi, web, maupun beragam sistem.

Sistem bilangan biner sendiri mewakili bilangan yang hanya dalam dua digit, yaitu 0 (nol) dan 1 (satu). Semua input yang diberikan ke komputer didekodekan dalam sistem bilangan biner menjadi rangkaian 0 (nol) atau 1 (satu) sebelum diproses lebih lanjut, karena komputer hanya dapat memahami informasi biner, yang diwakili oleh angka 0 atau 1.

Lantas apa pengertian sistem bilangan biner di komputer dan fungsinya? Berikut ini uraiannya.

Baca juga: Pengertian Binary Search, Cara Kerja, dan Keunggulannya

Pengertian sistem bilangan biner

Dilansir dari Tech Target, biner merupakan skema penomoran di mana hanya ada dua nilai pada setiap digit yaitu 0 (nol) dan 1 (satu). Istilah biner juga mengacu pada sistem encoding/decoding digital di mana hanya ada dua kemungkinan status.

Dalam memori data digital, penyimpanan, pemrosesan, dan komunikasi, nilai 0 dan 1 terkadang disebut rendah dan tinggi. Dalam transistor, 1 mengacu pada aliran listrik, sedangkan 0 menunjukkan tidak ada aliran listrik.

Sedangkan komputer menggunakan sistem bilangan biner untuk memanipulasi dan menyimpan semua data mereka termasuk angka, kata, video, grafik, dan musik.

Cara kerja bilangan biner

Sistem biner adalah bahasa utama dari sistem komputasi. Di dalam sistem ini, bilangan biner terdiri dari rangkaian delapan bit. Seri ini juga dikenal sebagai byte.

Adapun dalam skema biner, posisi setiap digit menentukan nilai desimalnya. Jadi, dengan memahami posisi setiap bit, bilangan biner dapat diubah menjadi bilangan desimal.

Dalam angka desimal, setiap tempat tambahan dikalikan dengan 10 saat berpindah dari kanan ke kiri (tempat pertama, tempat ke-10, tempat ke-100, dst.). Namun, dalam bilangan biner, setiap penambahan tempat saat bergerak dari kanan ke kiri adalah dikalikan dua.

Baca juga: Pengertian Sistem Komputer dan Komponennya

Fungsi sistem bilangan biner

Fungsi sistem bilangan biner digunakan dalam aplikasi komputer. Semua pengkodean dan bahasa, seperti C, C++, Java, dan lainnya menggunakan angka biner 0 (nol) dan 1 (satu) untuk menulis program.

Baca juga: 3 Hal yang Harus Dilakukan untuk Menghindari Risiko Bekerja dengan Komputer

Sistem bilangan biner juga berfungsi untuk mengembangkan aplikasi yang memungkinkan pengguna melakukan beberapa hal berikut ini, seperti melihat situs web, memperbarui dokumen, bermain game, melihat video streaming, mengakses software, hingga melakukan perhitungan dan analisis data.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com