Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Server dan Client dalam Jaringan Komputer

Kompas.com - 06/03/2023, 03:00 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Dalam perangkat komputer terdapat bagian penting terutama dalam mengakses jaringan komputer yakni server dan client. Tanpa keduanya tentu pengguna tidak dapat berselancar ke jaringan internet.

Lantas apa pengertian server dan client dalam jaringan komputer? Selengkapnya berikut ini penjelasan pengertian dan perbedaan keduanya.

Pengertian Server

Ilustrasi server.boxil.jp Ilustrasi server.

Dilansir dari Computer Hope, server adalah perangkat lunak atau perangkat keras yang menerima dan menanggapi permintaan yang dibuat melalui jaringan. Server mengelola sumber daya jaringan.

Misalnya pengguna dapat menyiapkan server untuk mengontrol akses ke jaringan, mengirim/menerima e-mail, menghosting situs web, dan lainnya. Peran server penting sebagai pusat kendali dan pengelolaan yang mengatur aliran data dan sumber daya jaringan.

Server juga memiliki beragam jenis, seperti server web, server aplikasi, server basis data, server cloud, server file, server proxy, server e-mail, dan banyak lagi.

Dalam jaringan komputer server akan selalu menyala karena biasanya digunakan untuk memberikan layanan yang selalu dibutuhkan pengguna.

Baca juga: Perbedaan Host dan Server pada Website

Client

komputer workstationMicrosoft komputer workstation

Client merupakan perangkat yang terhubung pada server. Client akan terhubung ke server melalui jaringan, contoh saja lewat jaringan internet. Beberapa contoh jenis Client yang digunakan pengguna adalah smartphone, desktop, dan laptop.

Fungsi Client adalah meminta dan megakses permintaan untuk berbagai layanan pada server. Permintaan ini dapat berbagai macam. Salah satunya untuk mengakses halaman web, mengunduh file, hingga mengakses basis data.

Perbedaan Server dan Client

Berikut ini beberapa perbedaan Server dan Client berdasarkan fungsi, tugas, dan contoh-contohnya.

Server

Server mengotorisasi permintaan klien dan memfasilitasi mereka dengan layanan yang diminta. Tugas Server lebih kompleks, seperti memenuhi permintaan klien, menyimpan dan memproses kumpulan data besar, analisis data dan lainnya. Contoh server adalah web server, file server, database server, dan lainnya.

Client

Fungsi utama Client adalah menghasilkan permintaan untuk berbagai layanan yang bersumber dari server. Client juga dapat dinonaktifkan sewaktu-waktu. Contoh klien adalah smartphone, desktop, laptop, dan lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com