Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi Ramai, Ini Cara Mengarsipkan Story IG Langsung Tanpa Harus Diunggah Dulu

Kompas.com - 06/03/2023, 10:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Belakangan ini, warganet ramai membahas mengenai cara mengarsipkan Story IG (Instagram) tanpa harus diunggah dulu. Keramaian pembahasan warganet itu salah satunya bisa dilihat pada twit dari akun @convomfs, sebagaimana tertera di bawah ini.

Baca juga: Lagi Ramai Cek Arsip Story Instagram Sepanjang Waktu, Begini Caranya

Di Twit tersebut, pengirim mengaku bisa mengarsipkan Story IG langsung tanpa harus mengunggahnya terlebih dahulu. Lantas, bagaimana cara mengarsipkan Story di Instagram tanpa harus diunggah dulu?

Bila tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, berikut adalah penjelasan lengkap cara mengarsipkan Story IG tanpa harus diunggah dulu seperti yang tengah ramai dibicarakan.

Cara mengarsipkan Story IG tanpa harus diunggah dulu

  • Buka Instagram di ponsel.
  • Ketuk ikon tambah dan mulai buat Story.
  • Setelah Story terbuat, pada halaman pengaturan pengunggahan klik dan tahan ikon tanda panah ke samping.
  • Selanjutnya, pilih opsi “Simpan ke Arsip”.

Ilustrasi cara mengarsipkan Story IG tanpa harus diposting dulu.KOMPAS.com/Wahyunanda Kusuma Pertiwi Ilustrasi cara mengarsipkan Story IG tanpa harus diposting dulu.

Ketika mengetuk opsi tersebut, konten Story IG yang dibuat tidak akan terunggah dan dibagikan ke pengguna lain. Dengan mengetuk “Simpan ke Arsip” yang berada di halaman pengaturan pengunggahan, Story IG bakal langsung diarsipkan.

Cukup mudah bukan cara mengarsipkan Story IG tanpa harus diunggah dulu? Sebagai informasi tambahan, cara mengarsipkan Story IG tanpa harus diunggah dulu ini tampaknya merupakan fitur baru.

Seperti yang cukup umum diketahui, untuk bisa menyimpan ke arsip, biasanya pengguna perlu mengunggah Story IG terlebih dahulu. Saat telah diunggah, pengguna bisa memilih opsi “Archive” atau “Arsip” di menu pengaturan pada halaman penayangan Story IG.

Kini, mengarsipkan Story IG tak perlu dilakukan dengan mengunggahnya terlebih dahulu. Penting diketahui pula, lantaran baru, kemungkinan besar fitur ini masih digelontorkan secara bertahap sehingga tak semua pengguna bisa menjajalnya saat ini.

Dalam menjajal cara di atas, KompasTekno menggunakan versi aplikasi Instagram 272.0.0.16.73 pada HP berbasis Android 13 One UI 5.1.

Sementara itu, berdasarkan pantauan KompasTekno, fitur mengarsipkan Story IG tanpa mengunggah dulu saat ini belum tersedia di versi aplikasi Instagram 272.0 pada HP berbasis iOS 16.3.1.

Baca juga: Cara Menghitung Engagement Rate Akun dan Postingan di Instagram

Jadi, beda wadah mungkin bakal beda pula ketersediaan fiturnya. Bagi yang belum kebagian fitur ini, harap bersabar. Demikianlah penjelasan lengkap seputar cara mengarsipkan Story IG tanpa perlu diunggah dulu. Selamat mencoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com