Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Drive Bisa Corat-coret PDF, Sudah Bisa Dicoba Pengguna Indonesia

Kompas.com - 06/03/2023, 12:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Google meluncurkan fitur baru untuk aplikasi Google Drive di ponsel Android. Fitur baru tersebut berupa anotasi untuk file PDF.

Dengan fitur anotasi, kini pengguna bisa mencorat-coret file PDF secara langsung di aplikasi Google Drive, tak perlu mengunduh dan membuka file PDF lewat aplikasi pihak ketiga terlebih dahulu.

Fitur ini pertama kali diumumkan bulan lalu. Kini, Google sudah mulai menyebar fitur anotasi tersebut, termasuk ke pengguna Indonesia.

Pantauan KompasTekno, Jumat (3/3/2023), fitur corat-coret file PDF di aplikasi Google Drive itu sudah hadir di aplikasi Google Drive versi 2.23.081.1all.alldpi di ponsel Samsung Galaxy S23 Ultra milik KompasTekno.

Namun, distribusi fitur anotasi ini belum merata. Sebab, smartphone lain yang kami punya belum kebagian fitur ini.

Baca juga: Pengertian Google Drive dan Fungsinya, Layanan Penyimpanan File Google Berbasis Cloud

Bisa tulis dan highlight

Ilustrasi fitur anotasi baru di aplikasi Google Drive di ponsel Android. Fitur ini memungkinkan pengguna mencorat-coret file PDF secara langsung di aplikasi Google Drive, tak perlu mengunduh dan membuka file PDF lewat aplikasi pihak ketiga terlebih dahulu.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Ilustrasi fitur anotasi baru di aplikasi Google Drive di ponsel Android. Fitur ini memungkinkan pengguna mencorat-coret file PDF secara langsung di aplikasi Google Drive, tak perlu mengunduh dan membuka file PDF lewat aplikasi pihak ketiga terlebih dahulu.
Fitur anotasi ini diwakilkan dengan ikon pensil. Ketika membuka file PDF, ikon pensil itu akan berada di bagian bawah sebelah kanan. Ketika diklik, pengguna akan menemukan bilah anotasi di bagian bawah. Bilah ini juga bisa dipindahkan ke atas.

Dalam bilah anotasi tersebut, pengguna dapat menemukan ikon pulpen (paling kiri) untuk menulis dan menggambar apapun yang diinginkan. Misalnya memberikan revisi, saran, dan lainnya.

Adapun warna tinta yang bisa dipilih adalah merah, hitam, biru, dan hijau dengan lebar goresan mulai dari 8 hingga 40px.

Di sebelah ikon pulpen, ada ikon stabilo yang bisa digunakan untuk menyoroti atau memberikan highlight bagian tertentu atau penting di file PDF. Warna highlight yang tersedia adalah kuning, hijau, biru, atau ungu dengan lebar goresan mulai dari 8 hingga 40px.

Ada juga ikon penghapus untuk menghapus tulisan atau highlight yang dibuat. Lalu, terdapat ikon undo dan redo untuk membatalkan dan mengulang tulisan/highlight yang dibuat.

Baca juga: Langkah Mudah Backup dan Restore Chat, Foto, Video WhatsApp Lewat Google Drive

Di ujung paling kanan, ada ikon mata tercoret untuk melihat hasil anotasi pengguna di file PDF. Bila ikon mata diklik dan berubah menjadi tidak tercoret, pengguna bisa melihat file PDF asli sebelum ada anotasi yang ditambahkan.

Bila corat-coret sudah selesai, pengguna bisa menyimpan file secara langsung (file asli otomatis hilang dan digantikan dengan file yang sudah ada anotasi) atau menyimpannya sebagai salinan (file asli masih ada, file dengan anotasi disimpan berbeda).

Sepengalaman KompasTekno, fitur anotasi baru di aplikasi Google Drive ini memudahkan untuk memberikan catatan atau revisi pada file PDF, tanpa perlu repot mengunduh dan membuka file di aplikasi lain untuk memberikan catatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com