Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Bakal Bisukan Panggilan dari Nomor Tak Dikenal

Kompas.com - 07/03/2023, 10:30 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber WABetaInfo

KOMPAS.com - WhatsApp dilaporkan sedang menyiapkan fitur baru untuk meningkatkan keamanan dan privasi penggunanya. Fitur tersebut memungkinkan pengguna membisukan (mute) panggilan suara dari nomor kontak yang tidak dikenal.

Informasi ini dilaporkan pertama kali oleh WABetaInfo, situs yang kerap membocorkan kebaruan fitur-fitur dari WhatsApp. Fitur tersebut disebut memiliki nama “Silence unknown callers”, atau “membisukan panggilan tak dikenal”.

Fitur ini masih dalam tahap pengembangan dan belum digelontorkan secara resmi oleh WhatsApp. Belum diketahui juga kapan WhatsApp akan memperkenalkan fitur tersebut.

Namun, kabar ini bisa menjadi “penyelamat” bagi pengguna yang merasa terganggu dengan panggilan suara dari nomor tak dikenal (anonim).

Baca juga: 5 Aplikasi Pelacak Nomor Telepon Tak Dikenal

WABetaInfo menambahkan jika fitur ini sudah hadir secara resmi, pengaturan membisukan panggilan suara dari nomor anonim akan muncul di laman “Settings”.

Berdasarkan tangkapan layar (screenshot) yang dibagikan, ketika “Silence unknown callers” diaktifkan, notifikasi panggilan suara akan tetap muncul di jendela Notification Center dan masuk daftar riwayat panggilan di WhatsApp. Artinya, fitur ini tidak sepenuhnya diblokir dari ponsel pengguna.

Bocoran fitur baru WhatsApp yang bernama Silence unknown callers. Fitur tersebut memungkinkan pengguna membisukan notifikasi panggilan suara dari nomor yang tidak dikenalWABetaInfo Bocoran fitur baru WhatsApp yang bernama Silence unknown callers. Fitur tersebut memungkinkan pengguna membisukan notifikasi panggilan suara dari nomor yang tidak dikenal

“Panggilan dari nomor yang tidak dikenal akan dibisukan. (Tetapi) mereka akan tetap muncul di (daftar riwayat) Calls dan jendela notifikasi,” tulis penjelasan dari fitur tersebut.

Sebagai gambaran, saat salah seorang pengguna menerima panggilan asing di WhatsApp, notifikasi suaranya akan otomatis mati, alias dibisukan. Namun, notifikasi tersebut bakal tetap muncul di Notification Center.

Jika memilih tidak menjawab panggilan, notifikasi tersebut akan tetap tersimpan di riwayat panggilan WhatsApp (Calls).

Pengguna bisa memanfaatkan fitur “Silence unknown callers” untuk mengecek ulang apakah nomor asing tadi benar-benar berasal dari orang asing, atau nomor ponsel dari anggota keluarga/kerabat terdekat yang belum disimpan.

Baca juga: Kenapa Fitur Panggilan Telepon WhatsApp Tidak Berfungsi? Begini 6 Cara Mengatasinya

Kehadiran "silence unknown callers" bisa juga dikatakan sebagai kabar baik. Sebab, sejak perusahaan meluncurkan WhatsApp Community, tidak seluruh peserta yang tergabung di dalamnya terdiri dari orang-orang yang dikenal. Bisa saja ada orang asing yang juga turut bergabung.

Walau tidak saling kenal, antar-peserta tetap dimungkinkan melihat masing-masing nomor ponsel anggota grup. Visibilitas dari nomor ponsel tersebut memberi peluang kepada orang asing untuk melakukan interaksi, baik dalam dalam bentuk chat atapun panggilan suara/video ke salah satu pengguna.

Menerima notifikasi chat ataupun panggilan suara dari nomor asing mungkin membuat sebagian orang merasa tidak nyaman. Apalagi jika panggilan suara dilakukan dengan cara spamming, hal ini tentunya akan sangat mengganggu dan membuat pengguna risih.

Oleh karena itu, fitur "silence unknown callers" diharapkan dapat meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengguna dalam menggunakan WhatsApp. Namun, karena masih dalam tahap pengembangan, kemungkinan masih akan ada perubahan di masa mendatang. Kita nantikan saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber WABetaInfo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com