Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satu Sehat Tidak Bisa Dibuka Hanya Menampilkan Logo, Begini 2 Cara Mengatasinya

Kompas.com - 07/03/2023, 11:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Satu Sehat Mobile atau biasa disebut Satu Sehat Saja merupakan aplikasi sistem informasi kesehatan umum yang resmi dirilis menggantikan PeduliLindungi sejak 1 Maret kemarin. Lantaran baru, Satu Sehat tampaknya masih terdapat beberapa kendala.

Baca juga: Beda dengan PeduliLindungi, Ini Cara Cek Sertifikat Vaksin di Satu Sehat Mobile

Salah satu kendala itu adalah Satu Sehat tidak bisa dibuka hanya menampilkan logo. Kendala ini cukup banyak dikeluhkan pengguna. Keluhan tersebut misalnya bisa dilihat lewat twit dari akun dengan handle @biebssy_, sebagaimana tertera di bawah ini.

Dalam twit tersebut, @biebssy_ menyampaikan keluhan pada akun resmi Satu Sehat Mobile di twitter karena aplikasi Satu Sehat tidak bisa dibuka dan terhenti di halaman muat awal (loading) yang hanya menampilkan logo.

Sama halnya pengguna tersebut, KompasTekno sendiri juga sempat mengalami masalah Satu Sehat tidak bisa dibuka hanya menampilkan logo. Namun, permasalahannya mungkin sedikit berbeda.

Berdasarkan pengalaman kami dengan memakai iPhone, Satu Sehat bukan hanya tidak bisa dibuka dan terhenti di halaman loading, melainkan juga secara otomatis membuka menu pengaturan. Saat aplikasi ditutup penuh dan dibuka kembali, hasilnya pun sama.

Ilustrasi masalah Satu Sehat tidak bisa dibuka hanya menampilkan logo dan malah membuka menu pengaturan di ponsel.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi masalah Satu Sehat tidak bisa dibuka hanya menampilkan logo dan malah membuka menu pengaturan di ponsel.

Bila menjumpai persoalan ini, lantas bagaimana cara mengatasi Satu Sehat tidak bisa dibuka hanya menampilkan logo? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan cara mengatasi Satu Sehat tidak bisa dibuka.

Baca juga: Fitur-fitur Satu Sehat Mobile yang Gantikan PeduliLindungi, Tak Cuma Berisi Data Vaksin Covid-19

Cara mengatasi Satu Sehat tidak bisa dibuka

1. Instal ulang aplikasi

Cara mengatasi Satu Sehat tidak bisa dibuka yang pertama adalah dengan menginstal ulang aplikasi, sebagaimana anjuran dari akun resmi Twitter Satu Sehat Mobile.

Instal ulang bisa dilakukan dengan menghapus Satu Sehat Mobile dari ponsel, kemudian mengunduhnya kembali dari toko aplikasi App Store (untuk iPhone) atau Play Store (untuk HP Android).

2. Mengaktifkan notifikasi Satu Sehat

Kedua, cara mengatasi Satu Sehat Sehat tidak bisa dibuka adalah dengan mengaktifkan notifikasi atau pemberitahuan dari aplikasi ini.

Untuk menyalakan notifikasi Satu Sehat, caranya bisa melalui menu pengaturan di ponsel, lalu pilih opsi bertajuk seperti ini “Notifikasi” atau “Pemberitahuan. Kemudian, pilih aplikasi Satu Sehat dan izinkan pemberitahuan untuknya.

Ilustrasi cara mengatasi Satu Sehat tidak bisa dibuka dengan mengaktifkan notifikasi aplikasi.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara mengatasi Satu Sehat tidak bisa dibuka dengan mengaktifkan notifikasi aplikasi.

Sebagaimana pengalaman kami, Satu Sehat tidak bisa dibuka dan malah membuka menu pengaturan dapat terjadi lantaran notifikasi dari aplikasi ini dimatikan. Saat notifikasi Satu Sehat nyala, masalah ini pun tidak terjadi lagi.

Baca juga: Sederet Keluhan di Aplikasi Satu Sehat, Mulai dari Gagal Login dan Tiket Booster Hilang

Cukup mudah bukan cara mengatasi Satu Sehat tidak bisa dibuka? Itulah dua cara mengatasi Satu Sehat tidak bisa dibuka, baik dengan menginstal ulang aplikasi maupun mengaktifkan notifikasinya, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com