Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telkomsel Pakai AI Azure untuk Pelajari Perilaku Pelanggan

Kompas.com - 07/03/2023, 16:30 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Telkomsel dan Microsoft menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dalam mengintegrasikan Microsoft Azure Artificial Intelligence (AI) ke dalam platform marketing Telkomsel untuk menciptakan pengalaman yang lebih personal bagi pelanggan.

Integrasi tersebut dibahas lebih lanjut di Barcelona pada Mobile World Congress 2023, menandai keberlanjutan peta jalan transformasi digital Telkomsel sebagai perusahaan telekomunikasi digital.

Melalui integrasi ini, Telkomsel akan menggunakan algoritma machine learning Azure AI untuk menganalisis data insight, natural language processing untuk bisa memahami interaksi dan sentimen pelanggan lebih baik, dan analitik prediktif untuk mengantisipasi perilaku di masa depan.

Baca juga: Telkomsel Siapkan Layanan Internet Unbreakable WiFi

Teknologi ini akan memungkinkan Telkomsel untuk menciptakan produk maupun layanan yang lebih personal sesuai dengan kebutuhan dan preferensi unik setiap pelanggan.

Telkomsel akan berkolaborasi dengan Microsoft untuk bersama-sama menentukan proses end-to-end dalam meningkatkan dan mengembangkan platform marketing Telkomsel, dengan menggabungkan Natural Language Processing yang dapat menganalisis data, serta menghasilkan insight yang membantu mengoptimalkan strategi bisnis secara efektif.

Direktur Marketing Telkomsel Derrick Heng (kanan) dan Presiden Direktur Microsoft Indonesia Dharma Simorangkir (kiri) menandatangani nota kesepahaman antara Telkomsel dengan Microsoft dalam mengintegrasikan Microsoft Azure Artificial Intelligence ke dalam platform marketing Telkomsel untuk menciptakan layanan yang lebih personal bagi pelanggan.Dok Telkomsel Direktur Marketing Telkomsel Derrick Heng (kanan) dan Presiden Direktur Microsoft Indonesia Dharma Simorangkir (kiri) menandatangani nota kesepahaman antara Telkomsel dengan Microsoft dalam mengintegrasikan Microsoft Azure Artificial Intelligence ke dalam platform marketing Telkomsel untuk menciptakan layanan yang lebih personal bagi pelanggan.
Direktur Marketing Telkomsel, Derrick Heng mengatakan bahwa teknologi AI saat ini telah berkembang pesat, di mana mampu mengubah cara bisnis beroperasi di berbagai industri.

Dengan kolaborasi bersama Microsoft, Telkomsel bertujuan untuk meningkatkan customer engagement dan kepuasan pelanggan, melalui integrasi platform marketing Telkomsel dengan Microsoft Azure AI.

Baca juga: Sinyal 5G Telkomsel Akan Hadir di Wilayah Maritim, Uji Perdana di Gorontalo

Adapun platform tersebut bisa digunakan untu menganalisis data insight, sehingga dapat menghadirkan pengalaman yang lebih personal bagi pelanggan.

"Melalui kolaborasi ini, kami dapat memberikan pengalaman yang lebih personal, efisien, dan terbaik bagi pelanggan dalam menikmati berbagai aktivitas gaya hidup digitalnya," kata Derrick dalam keterangan yang diterima KompasTekno, Selasa (7/3/2023).

Sementara Presiden Direktur Microsoft Indonesia, Dharma Simorangkir mengatakan Microsoft senang dapat melanjutkan hubungan jangka panjang dengan Telkomsel dalam mengakselerasi dan meningkatkan transformasi digital di Indonesia.

"Kami berharap dapat membawa dampak yang semakin besar bagi Indonesia, seluruh individu, berbagai industri, dan segenap masyarakat,” kata Dharma.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com