Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghapus History Browsing di Mozilla Firefox dengan Mudah

Kompas.com - 07/03/2023, 16:45 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Riwayat (history) penelusuran di internet bakal tersimpan pada tiap aplikasi browser, tak terkecuali Mozilla Firefox atau biasa disebut dengan Firefox saja.

Bila menggunakan Firefox dalam mode normal (bukan mode private), setiap aktivitas penelusuran pengguna bakal terekam atau tersimpan dalam bentuk data history, misal saat mengunjungi website google.com, youtube.com, dan sejenisnya.

Baca juga: Cara Menghapus History Google Chrome di Laptop dan HP dengan Mudah

Data history penelusuran itu memudahkan pengguna dalam mengakses situs web yang sama di waktu yang berbeda. Firefox bisa mengenali situs web tersebut dengan lebih cepat lantaran terdapat data history.

Jadi, pengguna tak perlu mengetik ulang lagi alamat website secara lengkap di kolom URL ketika hendak mengunjunginya. Dengan data history, Firefox juga bisa memberikan saran ke pengguna untuk membuka halaman tertentu yang sering dikunjungi pada website.

Meski bisa membantu mempercepat akses, namun history Firefox kadangkala perlu untuk dibersihkan. Sebab, dalam kondisi tertentu, history yang menumpuk bisa memperlambat kinerja dari browser Firefox.

Lantas, bagaimana cara menghapus history penelusuran di Firefox? Cara menghapus history Firefox bisa dibilang sangat mudah. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan mengenai cara menghapus history Firefox.

Cara menghapus history Firefox

  • Buka browser Firefox di laptop.
  • Klik ikon garis tiga bertumpuk yang berada di sebelah kanan kolom URL.
  • Selanjutnya, pilih opsi “History” dan klik opsi “Manage History”.
    Ilustrasi cara menghapus history Firefox.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara menghapus history Firefox.
  • Kemudian, pilih rentang waktu data riwayat penelusuran yang ingin dihapus, bisa baru-baru ini, tujuh hari terakhir, sebulan terakhir, dan seterusnya.
  • Terakhir, klik opsi “Delete” dan data history penelusuran selama rentang waktu yang dipilih bakal terhapus semua
    Ilustrasi cara menghapus history Firefox.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara menghapus history Firefox.

Cukup mudah bukan cara menghapus history Firefox? Sebagai informasi tambahan, pengguna juga bisa mengatur agar Firefox tidak menyimpan history. Untuk caranya, silakan klik ikon garis tiga bertumpuk yang berada di sebelah kanan kolom URL.

Baca juga: Cara Menggunakan Tema di Browser Mozilla Firefox

Kemudian, klik opsi “Settings” dan pilih opsi “Privacy & Security”. Selanjutnya, gulir ke bawah hingga menemukan pengaturan “History” dan pilih opsi “Never remember history”. Demikianlah penjelasan cara menghapus history Firefox dengan mudah, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com