BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo

Awali 2023 dengan Catatan Apik, OPPO Siap Luncurkan Find N2 Flip di Indonesia

Kompas.com - 08/03/2023, 09:35 WIB
Yogarta Awawa Prabaning Arka,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Oppo mengawali 2023 dengan dua catatan apik yang diperoleh berkat kinerja sepanjang 2022. Dari segi market share, Oppo menguasai pasar smartphone nasional dalam dua kuartal secara berturut-turut, yakni 23 persen pada kuartal III 2022 dan 27 persen pada kuartal IV 2022, sebagaimana dilansir dari data Canalys.

Laporan International Data Corporation (IDC) juga mengungkapkan hal serupa. Pangsa pasar Oppo pada kuartal IV 2022 tercatat sebesar 26,1 persen, unggul 4,3 persen dari pemegang posisi kedua.

Keberhasilan tersebut mendorong Chief Product Officer (CPO) Oppo Pete Lau, Vice President Oppo Billy Zang, dan sejumlah petinggi Oppo lain untuk datang ke Indonesia, Minggu (19/2/2023) dan Senin (20/2/2023).

Di Indonesia, mereka berbincang secara langsung dengan pihak dealer dan konsumen mengenai kualitas, fitur, sistem operasi, serta layanan dan diberikan Oppo. Dari pertemuan itu, umpan balik yang diberikan akan menjadi masukan bagi Oppo untuk meningkatkan produk dan layanan.

Baca juga: Kuasai Pasar Smartphone Nasional, Petinggi Oppo Pusat Kunjungi Indonesia

Terkait layanan, Oppo juga baru saja mendapatkan penghargaan layanan purnajual terbaik pada ajang Indonesia Customer Experience Awards (ICEA) 2023 yang diselenggarakan SWA Media dan Business Digest secara daring pada Kamis (24/2/2023). Oppo berhasil meraih predikat “Very Good” untuk kategori ”Smartphone Service Center”.

Oppo meraih penghargaan ICEA 2023 yang diselenggarakan SWA Media dan Business Digest. Oppo meraih penghargaan ICEA 2023 yang diselenggarakan SWA Media dan Business Digest.

Predikat tersebut didapat dari rangkaian survei customer experience di enam kota, yakni Medan, Sumatera Utara (Sumut); Bandung, Jawa Barat (Jabar); Jakarta; Semarang, Jawa Tengah (Jateng); Surabaya, Jawa Timur (Jatim); Makassar, Sulawesi Selatan (Sulteng).

Survei melibatkan 5.000 responden yang merupakan konsumen layanan jasa dan produk. Metodologi yang digunakan adalah wawancara tatap muka secara langsung. Tolok ukur yang dinilai meliputi aspek kognitif, afektif, perilaku, dan sosial dalam layanan purnajual.

Adapun penghargaan tersebut membuktikan bahwa layanan purnajual Oppo berhasil memberikan pengalaman positif dan menyenangkan kepada pelanggannya. Kedua hal ini, menurut Group Chief Editor SWA Media Group Kemal E Gani, menjadi penting untuk menjaga engagement dan loyalitas pelanggan sehingga bisnis bisa berkelanjutan.

“Selamat kepada perusahaan yang sudah memperoleh skor yang tinggi dalam survei yang diselenggarakan di masing-masing kategori dan berhak memperoleh predikat ICEA 2023,” kata Kemal.

Melalui keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Selasa (7/3/2023), Oppo menyampaikan bahwa layanan purnajual merupakan hal penting bagi Oppo untuk mendekatkan diri dengan konsumen, selain memberikan produk dengan fitur dan kualitas terbaik.

Pada 2023, Oppo berkomitmen terus mengembangkan layanan purnajual di Indonesia. Renovasi akan dilakukan di sejumlah layanan purnajual. Oppo juga akan melengkapi layanan tersebut dengan berbagai fasilitas penunjang untuk memberikan kenyamanan kepada konsumen.

Berdasarkan data perusahaan, Oppo telah memiliki lebih dari 100 pusat layanan purnajual yang tersebar di 91 kota dan 33 provinsi di seluruh Indonesia. Layanan ini ditangani langsung oleh Oppo supaya dapat mendengarkan keluhan pengguna secara langsung.

Siap luncurkan Oppo Find N2 Flip

Dua catatan apik tersebut mendorong Oppo untuk memberikan produk terbaik kepada pelanggan dan O-fans—sebutan penggemar smartphone keluaran Oppo—pada 2023.

Salah satu flagship smartphone yang digadang segera meluncur di pasar Indonesia adalah Oppo Find N2 Flip. Sebelumnya, foldable flagship smartphone teranyar dari Oppo ini menarik perhatian pencinta gadget saat dipamerkan pada ajang Mobile World Congress (MWC) 2023 di Barcelona, Spanyol, mulai dari Senin (27/2/2023) hingga Kamis (2/3/2023).

Oppo Find N2 Flip mendapatkan predikat sebagai perangkat terbaik di MWC 2023.Dok. Oppo Oppo Find N2 Flip mendapatkan predikat sebagai perangkat terbaik di MWC 2023.

Bahkan, Oppo Find N2 Flip berhasil mendapatkan predikat sebagai perangkat terbaik di MWC 2023. Pasalnya, foldable flagship smartphone ini sudah dibekali dengan beragam teknologi canggih terkini.

Kabar peluncuran Oppo Find N2 Flip di Tanah Air juga diperkuat dengan raihan sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) pada Selasa (7/2/2023).

Baca juga: Oppo Pastikan Ponsel Lipat Oppo Find N2 Flip Akan Masuk Indonesia

Berdasarkan pantauan Kompas.com di laman tkdn.kemenperin.go.id, ponsel Oppo yang sudah didukung teknologi 5G itu dinyatakan lolos uji sertifikasi dengan nilai TKDN mencapai 36,35 persen.

Salah satu keistimewaan Oppo Find N2 Flip terletak pada teknologi layar lipatnya. Berkat teknologi ini, foldable smartphone tersebut tidak memiliki bekas lipatan atau lekukan di layarnya.

Selain itu, engsel Oppo Find N2 Flip juga sudah tersertifikasi TÜV Rheinland sehingga sangat kuat dan mampu digunakan untuk menahan 400.000 kali buka tutup.

Oppo Find N2 Flip digadang sebagai smartphone yang belum pernah dihadirkan sebelumnya di Indonesia.

Oppo Find N2 Flip memiliki desain yang ringkas.
Dok. Oppo Oppo Find N2 Flip memiliki desain yang ringkas.

Dengan keberhasilannya meraih peringkat pertama pada layanan purnajual, Oppo tampak sudah siap untuk menggebrak pasar foldable smartphone. Terlebih, fitur dan spesifikasi Oppo Find N2 Flip tampak menjanjikan jika dibandingkan smartphone lipat yang beredar di pasaran saat ini.

Oppo Find N2 Flip dianggap sebagai penantang baru yang memiliki peluang besar untuk menjadi ponsel lipat favorit konsumen Indonesia selama 2023. Tak heran, bila banyak orang menantikan foldable smartphone dari Oppo ini.

Nantikan kehadiran Oppo Find N2 Flip dalam waktu dekat. Anda bisa mengunjungi laman www.oppo.com/id/ untuk mengetahui perkembangan terbaru dari foldable flagship smartphone itu.

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com