Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiktok Series Meluncur di Indonesia, Kreator Bisa Jualan Konten Eksklusif

Kompas.com - 08/03/2023, 11:30 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - TikTok menambah cara baru agar kreator konten bisa mendapatkan uang dari platformnya.

Baru-baru ini, TikTok resmi memperkenalkan TikTok Series, program monetisasi yang memungkinkan kreator konten bisa menjual konten eksklusif dengan harga tertentu. Hasil dari penjualan konten TikTok Series otomatis menjadi pendapatan bagi kreator.

Dalam situs TikTok Newsroom, TikTok membagikan detail lebih lanjut soal TikTok Series ini. Sesuai namanya, konten dalam TikTok series ini akan berisi kumpulan video yang membentuk menjadi satu seri.

Setiap satu TikTok Series bisa berisi paling banyak 80 video. Masing-masing video dalam seri tersebut dapat berdurasi hingga 20 menit. Durasi ini dua kali lipat lebih panjang dibanding yang bisa dinikmati pengguna biasa.

Baca juga: Cara Membuat Video TikTok dengan Foto yang Bisa Digeser

Konten eksklusif yang ditawarkan beragam sesuai dengan "spesialis" kreator. Misalnya, video fitness, cara berinvestasi, atau konten lainnya.

Ilustrasi TikTok Series, program monetisasi yang memungkinkan kreator konten bisa menjual konten eksklusif di TikTok.Ist Ilustrasi TikTok Series, program monetisasi yang memungkinkan kreator konten bisa menjual konten eksklusif di TikTok.
Soal harga, TikTok memberikan kebebasan bagi kreator untuk menetapkan harga konten eksklusif yang dijual lewat TikTok Series dengan rentang harga mulai 1-190 dollar AS (sekitar Rp 15.400 hingga Rp 2,9 juta).

Untuk saat ini, TikTok mengungkapkan, seluruh pendapatan dari penjualan TikTok Series (setelah dikurangi biaya biaya pemrosesan dan toko aplikasi sekitar lebih dari 30 persen) akan masuk ke kantong kreator.

Baca juga: Pengguna di Bawah 18 Tahun Cuma Bisa Main TikTok 1 Jam Sehari

Pengguna TikTok bisa membeli akses menonton konten eksklusif TikTok Series kreator lewat halaman profil kreator.

Konten TikTok Series juga bisa dipajang lewat link di video kreator. Posisi link konten TikTok Series ada di atas username kreator, mirip seperti keranjang kuning yang biasa digunakan untuk menjual produk di TikTok.

Dalam peluncuran awal, program TikTok Series baru bisa dinikmati oleh kreator terpilih saja. Pantauan KompasTekno, Rabu (8/3/2023), kreator TikTok asal Indonesia sudah ada yang menjual konten eksklusif TikTok Series.

Dalam beberapa bulan ke depan, TikTok rencananya baru akan membuka pendaftaran untuk kreator lain yang ingin bergabung ke program TikTok Series untuk menjual konten eksklusif di TikTok.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com