Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone 14 Pro Jadi HP Terbaik di MWC 2023

Kompas.com - 08/03/2023, 12:45 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber gsmarena

KOMPAS.com - Pameran teknologi Mobile World Congress (2023) di Barcelona berakhir pekan lalu. Sesuai tradisi, GSMA selaku panitia melangsungkan penghargaan Global Mobile Awards (GLOMO) yang dibagi menjadi sejumlah kategori, termasuk ponsel terbaik (Best Smartphone).

Hasilnya, iPhone 14 Pro sukses menyabet penghargaan kategori smartphone terbaik sepanjang 2022, menyingkirkan ponsel kenamaan lain yang dinominasi, yakni Google Pixel 7 Pro, Nothing Phone (1), Samsung Galaxy Z Flip 4, dan Galaxy Z Fold 4.

Adapun prestasi ini disebut GSMA merupakan hasil penilaian dari analis independen, jurnalis, dan influencer terhadap sejumlah faktor.

Baca juga: Harga iPhone 14 di Indonesia Terbaru Februari 2023, Turun hingga Rp 1 Juta

"Penghargaan 'Smartphone Terbaik' menggabungkan performa, inovasi, dan kepemimpinan yang luar biasa sebagaimana ditentukan melalui penilaian smartphone di pasar oleh analis independen, jurnalis, dan influencer terkemuka di dunia selama periode Januari 2022 hingga Desember 2022," tulis GSMA dikutip KompasTekno, Selasa (7/3/2023).

Selain penghargaan Best Smartphone, lini iPhone 14 juga berhasil membawa pulang penghargaan inovasi mobile disruptif (Disruptive Mobile Innovation) karena teknologi Emergency SOS via Satellite yang membekali jajaran ponsel tersebut.

Teknologi ini disebut disruptif karena kemampuannya untuk menghubungkan pengguna dengan satelit tanpa adanya layanan seluler atau koneksi internet.

Jadi, pengguna dapat mengirimkan pesan ke layanan darurat ketika sedang dalam situasi genting atau sedang berada di tempat tanpa layanan internet.

Inovasi lainnya yang mendapatkan nominasi untuk penghargaan Disruptive Mobile Innovation dibagi menjadi chipset Tensor 2 besutan Google, chipset Snapdragon garapan Qualcomm, dan sensor kamera IMX989 milik Sony.

Baca juga: Pasar iPhone Global Lesu pada Awal 2023

Seperti kategori smartphone terbaik, penghargaan ini pun merupakan hasil dari pertimbangan analis independen, jurnalis, dan influencer terhadap sejumlah faktor.

Sekadar informasi, iPhone 14 Pro merupakan ponsel kelas atas (flagship) Apple yang mengusung layar Super Retina XDR OLED, didukung dengan fitur Always on Display (AOD), ProMotion 120 Hz, dan tingkat kecerahan hingga 2.000 nits.

Smartphone ini memiliki poni lebar sebagai rumah kamera yang dijuluki Dynamic Island. Poni ini dibekali software yang membuatnya interaktif dan dinamis.

iPhone 14 Pro memiliki tiga kamera belakang (48 MP, 12 MP, 12 MP) dan satu kamera depan 12 MP.

Ponsel ini pun ditenagai chipset A16 Bionic yang dipadukan dengan RAM 6 GB dan media penyimpanan (storage) seluas 128/256/512 GB atau 1 TB.

Saat ini, iPhone 14 Pro sudah tersedia di Indonesia dan varian termurahnya dibanderol seharga Rp 19 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber gsmarena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com