Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik Hapus "Background" Foto Otomatis di HP Samsung Tanpa Aplikasi Ketiga

Kompas.com - 08/03/2023, 14:15 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung mulai menyebar pembaruan sistem antarmuka (user interface/UI) terbarunya, OneUI 5.1 ke sejumlah ponsel yang ada di Indonesia. Antarmuka terbaru ini membawa sederet fitur baru.

Salah satu fitur baru yang dibawa adalah kemampuan pengguna untuk "mencomot" objek foto di galeri dan menghapus elemen background (latar belakang) foto secara otomatis. Fitur ini mirip dengan fitur yang ada di sistem operasi iOS 16 untuk iPhone.

Baca juga: Trik Hapus Background Foto Otomatis di iPhone iOS 16 dengan Mudah

Trik hapus background foto otomatis di HP Samsung

kemampuan pengguna untuk mencomot objek foto di galeri dan menghapus elemen background foto secara otomatis di HP Samsung Galaxy S23 Ultra. Fitur ini mirip dengan fitur iOS 16 untuk iPhone.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto kemampuan pengguna untuk mencomot objek foto di galeri dan menghapus elemen background foto secara otomatis di HP Samsung Galaxy S23 Ultra. Fitur ini mirip dengan fitur iOS 16 untuk iPhone.
Caranya menghapus background otomatis di HP Samsung terbilang praktis, langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Pengguna tinggal menekan (tap and hold) obyek yang mau dipisahkan dari background. Nantinya, pengguna bakal merasakan sensasi haptik.
  • Selanjutnya, pengguna bakal bisa melihat obyek foto dikelilingi garis bayangan berwarna putih, tanda obyek berhasil diseleksi dan dipisahkan dengan background.
  • Lalu, pengguna bakal melihat tiga opsi, yaitu copy (menyalin), share (bagikan), dan save as image (menyimpan sebagai foto).
  • Dengan opsi copy dan share, pengguna bisa secara langsung menempelkan gambar di aplikasi lain seperti WhatsApp, Samsung Notes, hingga Instagram Stories.
  • Sepengalaman KompasTekno, bila menyalin dan membagikan obyek foto secara langsung ke WhatsApp, background akan otomatis berwarna hitam. Hal ini juga terjadi bila pengguna menyimpan obyek yang diseleksi sebagai gambar baru.
  • Namun, obyek foto akan memiliki warna transparan (macam file PNG) bila disalin ke Instagram Stories atau Samsung Notes. Hal ini memudahkan pengguna untuk berkreasi membuat konten ataupun catatan.

Baca juga: Cara Menghapus Background Foto di Canva via HP

Ilustrasi kemampuan pengguna untuk mencomot objek foto di galeri dan menghapus elemen background foto secara otomatis.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Ilustrasi kemampuan pengguna untuk mencomot objek foto di galeri dan menghapus elemen background foto secara otomatis.
Pantauan KompasTekno, fitur baru OneUI 5.1 ini bisa menghapus background dari beragam obyek foto, mulai orang (sendiri atau grup), binantang, kartu nama, HP, atau obyek apapun yang dapat dideteksi oleh sistem.

Biasanya, obyek foto yang memiliki background yang tak terlalu kompleks, bisa langsung terdeteksi, diseleksi, dan dicomot pengguna.

Pantauan KompasTekno, fitur bisa dijajal pengguna Samsung Galaxy S23 Ultra dan Galaxy S22 Ultra di Indonesia yang sudah menjalankan OneUI 5.1 berbasis Android 13.

Fitur ini tampaknya baru hadir secara terbatas, sebab ponsel Samsung model lain milik tim KompasTekno tak mendapatkan fitur ini meski sudah menjalankan OneUI 5.1 yang sama. Apakah kalian sudah bisa menjajal fitur ini?

Deretan fitur baru OneUI 5.1 bisa disimak selengkapnya lewat artikel "Deretan Fitur Baru OneUI 5.1, dari Kamera hingga Mulititasking".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com