Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penerus "Counter-Strike: Global Offensive" Meluncur Bulan Ini?

Kompas.com - 08/03/2023, 18:03 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Twitter

KOMPAS.com -  Valve disinyalir akan meluncurkan penerus game Counter-Strike: Global Offensive (CS:GO). Game yang diyakini berjudul "Counter-Strike 2" ini konon akan mulai diuji coba bulan Maret ini.

Versi baru dari game yang pertama kali dirilis pada 2012 ini akan dibuat menggunakan mesin Source 2. Ini berbeda dengan CS:GO yang dibuat menggunakan mesin pengembang game (game engine) Source.

Informasi ini datang dari Richard Lewis, seorang jurnalis media game Dexerto yang rutin meliput perkembangan e-sports termasuk game CS:GO.

Melalui postingannya di Twitter, Lewis mengabarkan Counter-Strike 2 ini akan dirilis dalam versi beta terlebih dahulu.

Baca juga: Game Counter Strike 1.6 Bisa Dimainkan di Browser Tanpa Install

"Saya juga terkejut seperti semua orang, ternyata Counter-Strike 2 tidak hanya nyata, tetapi akan diluncurkan dalam waktu yang dekat," tulis Lewis lewat akun Twitter-nya dengan handle @RLewisReports.

"Sumber-sumber anonim yang mengetahui pengembangan game telah mengungkapkan detail beta yang segera dirilis," lanjut Lewis.

Menurut sumber anonim yang dikutip Lewis, versi terbaru CS:GO memiliki nama tentatif Counter-Strike 2 dan diperkirakan akan dirilis pada Maret atau setidaknya pada 1 April mendatang.

Klaim ini pun sejalan dengan pembaruan yang digelontorkan NVIDIA pada 1 Maret lalu yang menunjukkan profil game baru berjudul "csgos2.exe" dan "cs2.exe".

Counter-Strike 2 juga disebut akan dirilis dalam bentuk pembaruan (update), bukan game baru.

Game engine Source 2 yang digunakan untuk menggarap game ini, disebut dapat mendongkrak grafik dalam game. Pemain akan memerlukan perangkat dengan spesifkasi yang lebih tinggi dari ketimbang CS:GO.

Jika informasi terkait game engine akurat, Counter-Strike 2 akan bergabung dengan Dota 2, Dota Underlords, dan Half-Life: Alyx yang sudah memanfaatkan Source 2.

Counter-Strike 2 kabarnya juga akan mengimplementasi server 128 tick yang membuat gameplay makin mulus.

Hal ini berbeda dengan CS:GO yang sekarang masih menggunakan server 64 tick, sehingga pemain yang kurang puas harus mencari server dari pihak ketiga yang menyediakan layanan 128 tick.

Selain peningkatan mutu server, Valve rumornya akan memperbaiki sistem matchmaking sehingga pemain tidak perlu lagi mencari layanan pihak ketiga.

Sistem matchmaking di CS:GO memang seringkali mendapatkan keluhan karena kerap mempertemukan dua tim dengan peringkat yang selisihnya berjauhan. Hal ini seringkali membuat permainan jadi tidak seimbang.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com