Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER TEKNO] Siswa SMK di Semarang Temukan "Bug" di Google | Ramai di Twitter iPhone Berlabel “Made in China” | Oppo Find N2 Flip Dilelang sebelum Meluncur di Indonesia

Kompas.com - 09/03/2023, 07:00 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

KOMPAS.com - Seorang pelajar SMK di Semarang berhasil menemukan celah keamanan (bug) di sistem Google. Kabar ini menjadi salah satu berita terpopuler di Kompas Tekno.

Selain itu, ada pula keramaian di Twitter soal salah satu pengguna yang menanyakan iPhone berlabel "Made in China" apakah asli atau bukan?

Pengguna itu mengaku baru saja membeli iPhone dari distributor resmi iBox dan terdapat label Made in China. Lalu, pengirim tampaknya kebingungan apakah iPhone Made in China tersebut aman atau tidak.

Berita teknologi lainnya datang dari ponsel lipat Oppo Find N2 Flip yang dilelang sebelum resmi meluncur di Indonesia. Berikut rangkuman berita teknologi terpopuler di kanal Kompas Tekno.

Baca juga: [POPULER TEKNO] Realme C55 NFC Resmi di Indonesia, Harga Mulai Rp 2,5 Juta | Daftar 85 Aplikasi Pinjol Ilegal Terbaru

Siswa SMK di Semarang temukan "bug" di sistem Google

Seorang siswa SMK asal Semarang berhasil menemukan celah keamanan (bug) di sistem Google. Siswa tersebut adalah Abdullah Mudzakir, siswa SMKN 8 Kota Semarang, kelas XII jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL).

Atas temuannya, Mudzakir diganjar dengan hadiah uang senilai 5.000 dollar AS atau sekitar Rp 76 juta dari Google. Kisah Mudzakir selengkapnya bisa disimak di artikel "Siswa SMK di Semarang Temukan Bug di Sistem Google, Dapat Hadiah Rp 76 Juta".

iPhone "made in China", asli enggak ya?

Topik soal iPhone "made in China" akhir-akhir ini ramai diperbincangkan di Twitter. Salah satu pengguna menceritakan dia baru saja membeli iPhone disalah satu gerai resmi Apple di Indonesia.

Rupanya, iPhone yang ia beli terdapat label "made in China". Dia tampaknya bingung apakah iPhone "made in China" aman digunakan atau tidak.

Label tersebut pada dasarnya berkaitan dengan proses pembuatan iPhone. Meskipun perusahaan Amerika Serikat, akan tetapi perakitannya ada di luar AS.

Penjelasan selengkapnya bisa disimak di artikel "Ramai di Twitter iPhone Berlabel “Made in China”, Apakah Itu Asli?".

Samsung Galaxy A14 4G resmi di Indonesia

Samsung Galaxy A14 4G resmi dirilis di Indonesia, Rabu (8/3/2023). Ponsel ini merupakan "saudara" Galaxy A14 versi 5G yang dirilis Januari lalu.

Samsung Galaxy A14 4G membawa sejumlah perbedaan spesifikasi dari Samsung Galaxy A14 5G. Salah satu yang paling kentara adalah soal dukungan jaringan Galaxy A14 4G yang mentok di jaringan 4G.

Di Indonesia, harga Galaxy A14 4G dijual dengan banderol Rp 2 jutaan. Nah spesifikasi Galaxy A14 4G selengkapnya bisa disimak di artikel "Samsung Galaxy A14 4G Resmi di Indonesia, Harga Rp 2 Jutaan".

Trim kirim chat WhatsApp ke kontak yang blokir kita

WhatsApp atau biasa disingkat WA punya fitur untuk memblokir kontak pengguna. Fitur blokir kontak yang tersedia di WhatsApp pada dasarnya berfungsi untuk membatasi interaksi pengguna.

Lalu, apakah kontak WA yang diblokir bisa mengirim pesan ke pemblokir? Ada trik yang bisa dilakukan agak tetap bisa berkomunikasi dengan kontak yang memblokir kita. Cara selengkapnya bisa disimak di artikel "Trik Kirim Chat WhatsApp ke Orang yang Memblokir Kontak Kita".


Oppo Find N2 Flip dilelang sebelum meluncur di Indonesia

Ponsel layar lipat Oppo Find N2 Flip memang belum dirilis resmi oleh Oppo di Indonesia. Meski demikian, Oppo mengeklaim antusias konsumen untuk segera memiliki ponsel lipat ini sangat tinggi.

Untuk mengakomodir keinginan konsumen di Indonesia, Oppo pun ikut serta dalam acara lelang 10 Years Anniversary Dinner yang bakal berlangsung Rabu (8/3/2023) malam ini di La Moda, Plaza Indonesia, Jakarta, dengan menyediakan perangkat Find N2 Flip.

Menurut keterangan yang diterima KompasTekno, ada dua perangkat Oppo Find N2 Flip yang akan dilelang pada acara malam ini, dengan masing–masing warna Astral Black dan Moonlight Purple.

Kira-kira bagaimana spesifikasi ponsel lipat perdana Oppo di Indonesia ini? Simak selengkapnya di artikel "Ponsel Lipat Oppo Find N2 Flip Dilelang sebelum Meluncur di Indonesia".

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com